Polri Sebut Chat Tito dan Kombes Yuwono Hoax, Netizen Pertanyakan Keadilan

7
872
humas polri

JAKARTA – Telah beredar luas screenshoot percakapan antara Kabid Humas Polda Kombes Yuwono dan Kapolri Tito Karnavian di media sosial yang berisi tentang rencananya untuk menjatuhkan kredibilitas Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di mata masyarakat.

Kemudian Divisi Humas Polri melalui akun Twitter resminya (@DivHumasPolri) mengklarifikasi bahwa screenshoot tersebut adalah HOAX, pada Jumat (19/05/2017).

Hal tersebut tentu saja mengundang banyak netizen bereaksi untuk meminta bukti bahwa chat yang telah beredar luas itu terbukti hoax.

“Kok bisa langsung itu HOAX?? Coba tolong buktikan dulu dong kok main langsung bilang HOAX aja coba buru yang menyebarkannya!!” (@denz1301)

“Kalau merugikan diri sendiri dibilang hoax, tapi bila menguntungkan dibilang asli.” (@mbahliem2)

Tidak sedikit pula netizen yang membalas klarifikasi tersebut membandingkan dengan kasus yang menimpa Habib Rizieq Shihab, seperti sebagian contoh di bawah ini:

“Karena Polri menganggap chat WA fitnah HRS & Firza itu asli, maka saya pun menganggap chat pakpol itu asli & benar adanya. Fair enough ya” (@MayJune_11)

“Muka tembok sekali ya Polisi kita, Chat yang menyeret-nyeret anggotanya saja dia labelin HOAX, giliran chat palsu HRS-FH dibilang ASLI” (@Hagia_Sofia)

“Kesimpulan akhir semua chating pakai medsos yang memfitnah adalah Hoax. Tapi kenapa masih ada yang dikriminalisasi? Apa hukum berlaku beda?” (@Selamat_Sentosa)

“Apa gak sebaiknya dipanggil dulu Pak Kabid Humas Polda Metro dan Pak Kapolri untuk dimintai keterangan soal chat Hoax yg beredar?” (@DPP_LPI)

“Rakyat sebenarnya cerdas pak, bapak-bapak saja yang sepertinya selalu menganggap kita ini bodoh.” (@NanangS66)

“Hoax menurut polisi doang ya… kalau yang menyangkut kepolisian pasti hoax tapi kalau menyangkut umat Islam pasti benar 1000%” (@@van_helzink)

Sampai berita ini diturunkan, sudah lebih dari 500 komentar atas klarifikasi polisi tersebut, rata-rata mereka minta polisi menerapkan prinsip keadilan dalam kasus screenshoot percakapan melalui Whatsapp. Mengingat banyak sekali aplikasi untuk membuat percakapan palsu.

Dan saat ini seorang ulama, Habib Rizieq Shihab, diseret dalam kasus yang berawal dari tersebarnya screenshoot percakapan yang berbau pornografi. Namun dalam pengungkapan kasusnya, malah mendapat perlakuan yang berbeda dari aparat penegak hukum, bahkan terkesan melanggar HAM. (Hezty Azalea)

EDITOR: Iwan Y

Komentar

BACA JUGA

Disdik Jateng Fasilitasi Pindah Sekolah Siswa Yang Dikeluarkan SMAN 1 Semarang

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah memfasilitasi dua siswa yang dikeluarkan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang untuk melanjutkan pendidikan di SMA...

Terkait Siswa Yang Dikeluarkan, Disdik Anggap SMAN 1 Semarang Sesuai Prosedur

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah menyatakan langkah yang dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dengan mengeluarkan dua siswanya sudah sesuai prosedur. "Setiap...

Berikut Kronologi dari Orang Tua Yang Anaknya Dipaksa Mundur dari Sekolah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dikeluarkan dari sekolah karena tuduhan menganiaya junior saat pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan. "Kebetulan,...

Dikeluarkan dari Sekolah Karena Diduga Aniaya Adik Kelas, Siswa Ini Mengadu ke Ombudsman

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Anindya Puspita Helga Nur Fadhila, Siswa SMAN I Kota Semarang yang dikeluarkan dari sekolah atas dugaan penganiayaan terhadap adik kelasnya akan mengadu...
Orang tenggelam

Terjatuh di Sungai Dekat Kampus, 2 Mahasiswa IPB Tewas Tenggelam

BOGOR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, meninggal dunia akibat tenggelam di aliran sungai yang berada di lingkungan kampus, Ahad...
loading...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...