Polri Sebut Chat Tito dan Kombes Yuwono Hoax, Netizen Pertanyakan Keadilan

7
846
humas polri

JAKARTA – Telah beredar luas screenshoot percakapan antara Kabid Humas Polda Kombes Yuwono dan Kapolri Tito Karnavian di media sosial yang berisi tentang rencananya untuk menjatuhkan kredibilitas Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di mata masyarakat.

Kemudian Divisi Humas Polri melalui akun Twitter resminya (@DivHumasPolri) mengklarifikasi bahwa screenshoot tersebut adalah HOAX, pada Jumat (19/05/2017).

Hal tersebut tentu saja mengundang banyak netizen bereaksi untuk meminta bukti bahwa chat yang telah beredar luas itu terbukti hoax.

“Kok bisa langsung itu HOAX?? Coba tolong buktikan dulu dong kok main langsung bilang HOAX aja coba buru yang menyebarkannya!!” (@denz1301)

“Kalau merugikan diri sendiri dibilang hoax, tapi bila menguntungkan dibilang asli.” (@mbahliem2)

Tidak sedikit pula netizen yang membalas klarifikasi tersebut membandingkan dengan kasus yang menimpa Habib Rizieq Shihab, seperti sebagian contoh di bawah ini:

“Karena Polri menganggap chat WA fitnah HRS & Firza itu asli, maka saya pun menganggap chat pakpol itu asli & benar adanya. Fair enough ya” (@MayJune_11)

“Muka tembok sekali ya Polisi kita, Chat yang menyeret-nyeret anggotanya saja dia labelin HOAX, giliran chat palsu HRS-FH dibilang ASLI” (@Hagia_Sofia)

“Kesimpulan akhir semua chating pakai medsos yang memfitnah adalah Hoax. Tapi kenapa masih ada yang dikriminalisasi? Apa hukum berlaku beda?” (@Selamat_Sentosa)

“Apa gak sebaiknya dipanggil dulu Pak Kabid Humas Polda Metro dan Pak Kapolri untuk dimintai keterangan soal chat Hoax yg beredar?” (@DPP_LPI)

“Rakyat sebenarnya cerdas pak, bapak-bapak saja yang sepertinya selalu menganggap kita ini bodoh.” (@NanangS66)

“Hoax menurut polisi doang ya… kalau yang menyangkut kepolisian pasti hoax tapi kalau menyangkut umat Islam pasti benar 1000%” (@@van_helzink)

Sampai berita ini diturunkan, sudah lebih dari 500 komentar atas klarifikasi polisi tersebut, rata-rata mereka minta polisi menerapkan prinsip keadilan dalam kasus screenshoot percakapan melalui Whatsapp. Mengingat banyak sekali aplikasi untuk membuat percakapan palsu.

Dan saat ini seorang ulama, Habib Rizieq Shihab, diseret dalam kasus yang berawal dari tersebarnya screenshoot percakapan yang berbau pornografi. Namun dalam pengungkapan kasusnya, malah mendapat perlakuan yang berbeda dari aparat penegak hukum, bahkan terkesan melanggar HAM. (Hezty Azalea)

EDITOR: Iwan Y

BAGIKAN
loading...

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Airlangga Hartarto

Pleno Tunjuk Airlangga Hartarto Sebagai Ketua Umum Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Pleno Partai Golkar, Rabu (13/12) malam, memutuskan menunjuk Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar definitif menggantikan Setya Novanto yang kini tengah...
setnov, FPG

Perbuatan Setya Novanto Untungkan Orang dan Korporasi, Inilah Daftarnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menyebut perbuatan Setya Novanto menguntungkan orang lain dan korporasi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-Elektronik (KTP-el). "Selain...
Jokowi

Indonesia Sampaikan Enam Usulan OKI Terkait Yerusalem

ISTANBUL, SERUJI.CO.ID - Indonesia mengusulkan enam poin usulan penting sikap negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam terkait pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. "Pertama,...

KANAL WARGA TERBARU

images(14)

Jangan Terlalu Berharap Dengan Hukum

Tulisan ini acap kali menjadi perbincangan hangat banyak pihak, khususnya masyarakat menengah kebawah. Meski tak semuanya benar, namun sesuai fakta yang dialami banyak pihak...

Calon Haji Pasca Stroke Ini Tetap Ingin Berangkat Haji

WONOGIRI - Bisa menunaikan rukun iman yang kelima merupakan dambaan setiap muslim di seluruh dunia tak terkecuali muslim indonesia. Bahkan mereka yang secara fisik lemahpun...
4e3443b2632b8e8a4ea012759bd78a3e4f282447

Belajar Jadi Makmum Kalau Ingin Beriman

Shalat berjamaah adalah contoh bagaimana sebuah ukhuwah dibangun. Oleh karenanya, ibadah mulia itu berlipat kali nilainya di sisi Allah. Ukhuwah itu sendiri ciri keimanan, bagaikan...