Polrestabes Surabaya Tertibkan Balapan Liar

0
20
Balapan liar (foto:istimewa)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya menertibkan sejumlah titik ruas jalan di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang selama ini kerap dijadikan arena balap liar oleh kalangan remaja.

“Hari ini kami amankan 43 sepeda motor berikut pengendaranya di dua titik jalan raya, yaitu Jalan Semarang dan Jalan Dupak Surabaya,” ujar Kepala Bagian Operasional Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Sukmo Wibowo kepada wartawan di Surabaya, Jumat (1/6).

Operasi balap liar tersebut digelar Polrestabes Surabaya setelah shalat Subuh.

“Tadi pagi habis Subuh kami menyasar ke lokasi-lokasi yang dimungkinkan terjadi pelanggaran petasan atau mercon maupun balap liar. Ternyata kami menemukan balap liar di Jalan Semarang dan Dupak,” katanya.

Polisi mendata 43 pembalap liar yang terjaring operasi tersebut adalah kalangan remaja usia 15 hingga 25 tahun. Terbanyak adalah usia 16, 17, dan 18 tahun.

Dari 43 pembalap liar yang terjaring operasi, tercatat 15 di antaranya masih berstatus pelajar.

“Kami sudah mendata nama-nama sekolahnya,” ucap Bambang.

Dia memastikan seluruh pembalap liar yang terjaring operasi pada hari ini tidak diproses hukum mengingat usianya yang masih remaja.

“Masa depan mereka masih panjang. Selain itu aktivitas balap liar ini kan tergolong hobi. Kami akan lakukan pembinaan agar mereka menyalurkan hobinya dengan cara yang benar,” katanya.

Untuk itu, Bambang menandaskan, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polrestabes Surabaya akan mengambil peran dalam pembinaan terhadap 43 remaja tersebut.

“Pembinaannya nanti akan melibatkan para orang tua atau keluarganya, pihak sekolah, atau bisa juga kami minta bantuan Pemerintah Kota Surabaya untuk memfasilitasi hobi mereka,” ujarnya.

Aktivitas balap liar di sejumlah titik ruas jalan Kota Surabaya, lanjut Bambang, tak hanya terjadi selama bulan Ramadhan.

Di luar bulan Ramadhan, kalangan remaja juga kerap menggelar balap liar pada tengah malam hingga menjelang subuh, memanfaatkan jalanan yang lengang dan sepi dari pengawasan aparat.

“Kami akan rutin menertibkan aktivitas balap liar ini,” katanya. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Mini Bus Tabrak Warung, 1 Tewas di Tempat

LANGKAT, SERUJI.CO.ID -  Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan lintas Sumatera dari Aceh menuju Medan, Sumatera Utara, mobil mini bus berpenumpang menabrak bengkel dan warung...

Tim Gabungan Kembali Temukan Jenazah Penumpang KM Sinar Bangun

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan kembali menemukan tiga jenazah penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Kepala Badan Penanggulangan Bencana...
Mochamad Iriawan

Komjen Iriawan Minta KPU Jamin Hak Pemilih

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen M Iriawan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat dan KPU kabupaten/kota menjamin hak pemilih...

Tingkat Kecelakaan Arus Mudik di Jabar Turun

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan tingkat kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Jawa Barat mengalami penurunan...
Mochamad Iriawan

Jadi Pj Gubernur Jabar, Komjen Iriawan: Saya Akan Netral

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Komisaris Jenderal (Komjen) Pol M Iriawan meminta masyarakat tidak perlu ragu terkait penunjukan dirinya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat oleh Presiden...