Polrestabes Surabaya Tertibkan Balapan Liar

0
28
Balapan liar (foto:istimewa)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID –┬áKepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya menertibkan sejumlah titik ruas jalan di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang selama ini kerap dijadikan arena balap liar oleh kalangan remaja.

“Hari ini kami amankan 43 sepeda motor berikut pengendaranya di dua titik jalan raya, yaitu Jalan Semarang dan Jalan Dupak Surabaya,” ujar Kepala Bagian Operasional Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Sukmo Wibowo kepada wartawan di Surabaya, Jumat (1/6).

Operasi balap liar tersebut digelar Polrestabes Surabaya setelah shalat Subuh.

“Tadi pagi habis Subuh kami menyasar ke lokasi-lokasi yang dimungkinkan terjadi pelanggaran petasan atau mercon maupun balap liar. Ternyata kami menemukan balap liar di Jalan Semarang dan Dupak,” katanya.

Polisi mendata 43 pembalap liar yang terjaring operasi tersebut adalah kalangan remaja usia 15 hingga 25 tahun. Terbanyak adalah usia 16, 17, dan 18 tahun.

Dari 43 pembalap liar yang terjaring operasi, tercatat 15 di antaranya masih berstatus pelajar.

“Kami sudah mendata nama-nama sekolahnya,” ucap Bambang.

Dia memastikan seluruh pembalap liar yang terjaring operasi pada hari ini tidak diproses hukum mengingat usianya yang masih remaja.

“Masa depan mereka masih panjang. Selain itu aktivitas balap liar ini kan tergolong hobi. Kami akan lakukan pembinaan agar mereka menyalurkan hobinya dengan cara yang benar,” katanya.

Untuk itu, Bambang menandaskan, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polrestabes Surabaya akan mengambil peran dalam pembinaan terhadap 43 remaja tersebut.

“Pembinaannya nanti akan melibatkan para orang tua atau keluarganya, pihak sekolah, atau bisa juga kami minta bantuan Pemerintah Kota Surabaya untuk memfasilitasi hobi mereka,” ujarnya.

Aktivitas balap liar di sejumlah titik ruas jalan Kota Surabaya, lanjut Bambang, tak hanya terjadi selama bulan Ramadhan.

Di luar bulan Ramadhan, kalangan remaja juga kerap menggelar balap liar pada tengah malam hingga menjelang subuh, memanfaatkan jalanan yang lengang dan sepi dari pengawasan aparat.

“Kami akan rutin menertibkan aktivitas balap liar ini,” katanya. (Ant/Su02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU