Polrestabes Surabaya Tangkap Pelaku Penipuan Mengatasnamakan Setneg


SURABAYA, SERUJI.CO.ID –┬áKepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya mengungkap kasus penipuan oleh pelaku berinisial GP yang mengaku sebagai anggota Sekretariat Negara, atau Setneg di bidang Sandi Negara.

Pria berusia 32 tahun, warga Jalan Ikan Banyar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, itu telah menipu puluhan orang yang dijanjikan bisa masuk di seleksi penerimaan bintara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dengan cara membayar sejumlah uang kepadanya.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Sudamiran kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (31/3) mengatakan tersangka GP telah melakukan penipuan tersebut sejak tahun 2016.

“Sebenarnya tersangka GP ini adalah warga biasa. Dia adalah seorang pengangguran yang mengaku sebagian anggota Setneg,” katanya.

Polisi meringkus GP berdasarkan laporan dari seorang korbannya. Dalam penangkapan itu polisi mengamankan berbagai barang bukti berupa dokumen, stempel, pin, hingga tanda pengenal palsu berlogo Setneg.

“Sementara ini, yang secara resmi memasukkan laporan ke kepolisian baru satu korban. Kami masih melakukan penyelidikan untuk mendapatkan korban-korban lainnya,” ujarnya.

Menurut Sudamiran, seorang korban yang melapor mengaku telah membayar uang senilai Rp135 juta kepada GP.

“Kami imbau korban lainnya agar segera melapor untuk memudahkan penyelidikan,” katanya.

Sementara itu, penyelidikan polisi baru mengungkap total korban berdasarkan pengakuan yang diingat tersangka GP berjumlah 20 orang. Sudamiran mengatakan dari 20 orang korban ini tersangka GP telah meraup keuntungan senilai Rp1 miliar.

Namun, polisi hanya berhasil mengamankan barang bukti uang dari tersangka GP senilai Rp13 juta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bendera dan Krisis Kepemimpinan

Menurut vexillology, bendera bukan sekedar selembar kain biasa. Jika dia berkibar bebas di angkasa, bendera menginspirasikan semangat kepemimpinan tertentu yang sublim dan sulit dibayangkan oleh mereka yang jiwanya terjangkar oleh tanah di bumi.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi
close