Polrestabes Surabaya Tangkap Pelaku Penipuan Mengatasnamakan Setneg

0
175
Penjahat ditangkap
Ilustrasi pelaku diamankan.

SURABAYA, SERUJI.CO.ID –┬áKepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya mengungkap kasus penipuan oleh pelaku berinisial GP yang mengaku sebagai anggota Sekretariat Negara, atau Setneg di bidang Sandi Negara.

Pria berusia 32 tahun, warga Jalan Ikan Banyar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, itu telah menipu puluhan orang yang dijanjikan bisa masuk di seleksi penerimaan bintara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dengan cara membayar sejumlah uang kepadanya.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Sudamiran kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (31/3) mengatakan tersangka GP telah melakukan penipuan tersebut sejak tahun 2016.

“Sebenarnya tersangka GP ini adalah warga biasa. Dia adalah seorang pengangguran yang mengaku sebagian anggota Setneg,” katanya.

Polisi meringkus GP berdasarkan laporan dari seorang korbannya. Dalam penangkapan itu polisi mengamankan berbagai barang bukti berupa dokumen, stempel, pin, hingga tanda pengenal palsu berlogo Setneg.

“Sementara ini, yang secara resmi memasukkan laporan ke kepolisian baru satu korban. Kami masih melakukan penyelidikan untuk mendapatkan korban-korban lainnya,” ujarnya.

Menurut Sudamiran, seorang korban yang melapor mengaku telah membayar uang senilai Rp135 juta kepada GP.

“Kami imbau korban lainnya agar segera melapor untuk memudahkan penyelidikan,” katanya.

Sementara itu, penyelidikan polisi baru mengungkap total korban berdasarkan pengakuan yang diingat tersangka GP berjumlah 20 orang. Sudamiran mengatakan dari 20 orang korban ini tersangka GP telah meraup keuntungan senilai Rp1 miliar.

Namun, polisi hanya berhasil mengamankan barang bukti uang dari tersangka GP senilai Rp13 juta.

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU