Polrestabes Surabaya Razia Minuman Keras

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, Jawa Timur, merazia berbagai jenis minuman keras dan mengamankan sedikitnya 10 ribu botol berbagai merek.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Sudamiran di Surabaya, Senin (16/4), mengatakan razia dilakukan selama empat hari, sejak 13 April, berdasarkan perintah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian.

“Kapolri memerintahkan Polres dan Kepolisian Daerah di seluruh Indonesia memberantas segala jenis minuman keras mematikan di wilayah hukum masing-masing,” ujarnya.

Di wilayah hukum Polrestabes Surabaya, petugas mengamankan 10 ribu botol minuman keras dari berbagai lokasi, di antaranya merek Topi Miring, Mc Donald, Arak Beras, Whisky, Vodka. Selain itu juga mengamankan minuman keras “cukrik” yang dikemas dalam botol bekas air mineral yang disita dari sejumlah lapak di kawasan timur Kota Surabaya.

Sudamiran menandaskan, dalam razia itu petugas Polrestabes Surabaya juga mengamankan ribuan botol bir karena diketahui sudah kedaluwarsa, serta ratusan bir kaleng yang penjualannya tidak dilengkapi izin edar.

“Sebanyak 7.680 botol bir merek ‘Guinness’ kami amankan karena sudah kedaluwarsa. Selain itu kami juga amankan 192 kaleng bir merek ‘draft beer’ karena penjualannya tidak dilengkapi izin edar,” katanya.

Sudamiran memastikan penjual puluhan ribu botol bir tersebut tak hanya akan mendapat sanksi tindak pidana ringan.

“Lima pemilik minuman keras mematikan ini sampai sekarang masih kami periksa,” ujarnya.

Jika terbukti bersalah, kelima pemilik minuman keras mematikan itu akan dijerat Pasal 37, Ayat 1 dan/ atau Pasal 40 Undang-undang nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. “Ancaman hukumannya 5 tahun penjara atau denda uang maksimal Rp10 miliar,” ucap Sudamiran. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.