Polresta Pekalongan Bekuk Dua Pelaku Skimming ATM

PEKALONGAN, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, membekuk dua pelaku pencurian data atau skimming anjungan tunai mandiri sekaligus mengamankan 4 unit spycam, alat penjepit, laptop, kabel data dan card reader.

Kepala Polres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu di Pekalongan, Senin (16/4), mengatakan bahwa pada pembekukan dua tersangka tersebut Polresta bekerjasama dengan jajaran Polres Kediri, Jawa Timur, karena mereka diduga merupakan anggota jaringan pelaku “skimming Kediri”.

“Dua pelaku pencurian data ATM di Pekalongan ini adalah anggota jaringan dengan para tersangka yang melakukan ‘skimming’ di Kediri,” katanya.

Dua tersangka tersebut adalah SW (49) warga Kalirejo Talun, Kabupaten Pekalongan dan SG (38) warga Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Ia mengatakan kejahatan dengan modus “skimming” itu bermula dari perkenalan seorang pelaku bernama Supeno (sudah diringkus Polres Kediri) dengan LT (DPO) yang menawarkan pekerjaan dengan perjanjian akan mendapat pembagian 10 persen dari hasil kejahatan.

Tersangka Supeno, kata dia, kemudian merekrut SW (49) warga Kalirejo dan SG (38) dengan upah Rp200 ribu per hari.

“Tersangka SW berperan mencari mesin ATM nerek Hyosung sedang SG bertugas menyalin data atau video dari spy cam atau pun nicro disk ke hard disk eksternal. Hasil penyalinan data itu selanjutnya diserahkan pada Supeno,” katanya.

Ia mengatakan hasil salinan data yang diterima Supeno kemudian diserahkan pada seseorang di Jakarta (orang suruhan LT) atau kurir dan selanjutnya tersangka Supeno menerima informasi dari LT yang berisi nomor atau kode.

“Oleh Supeno, nomor atau kode itu dimasukan ke laptop dan alat MSR untuk menduplikasi kartu ATM yang selanjutnya digunakan untuk penarikan saldo di ATM dengan rekening orang yang PIN ATM yang telah terekam di spy cam,” katanya.

Ia menambahkan saat ini dua tersangka sudah diamankan di Mapolres Pekalongan Kota sedang bahan bukti kejahatan disita untuk penyidikan lebih lanjut. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.