Polresta Bogor Tangkap Lima Pengedar Uang Palsu

0
30
Uang palsu
Ilustrasi uang palsu

BOGOR, SERUJI.CO.ID – Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat menangkap lima pelaku pengedar uang palsu senilai Rp6 miliar dalam pacahan 100 ribu rupiah.

“Para pelaku kita tangkap di wilayah Bogor Timur, tiga orang merupakan pelaku utama, sisanya dua yang menemani para pelaku,” kata Kapolres Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya di Mapolsek Bogor Timur, Selasa (27/3).

Penangkapan terhadap pelaku berlangsung pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat penangkapan pelaku tengah tidur di rumah kontrakan tempat pelaku bertransaksi.

Ulung mengatakan total ada 6 miliar uang palsu yang tersimpan dalam satu tas koper travel bag ukuran besar. Uang terbungkus dalam satu bundel senilai 100 juta. Setiap bundel bagian atas dan bawahnya diindikasi uang asli, sisanya uang palsu.

“Uang didapatkan 1 miliar (palsu) dibeli seharga Rp750 ribu. Dijual lagi dengan perbandingan satu banding tiga,” katanya.

Sistem pembelian dilakukan pelaku melalui telepon, lalu barang dijemput, bertemu, dan dibawa untuk ditransaksikan kembali ke penjual yang menjadi jaringannya.

Uang palsu tersebut didatangkan dari luar Bogor, dan rencananya akan dijual lagi ke wilayah Tangerang.

Menurut keterangan pelaku, ini merupakan kali kedua mereka melakukan transaksi uang palsu. Bogor hanya dijadikan sebagai tempat transit penjualan.

Pelaku selain dikenai pasal peredaran uang palsu juga pasal 378 tentang penipuan.

Kini pelaku masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Bogor Timur, untuk menelusuri jaringan pembuatnya serta lokasi pencetakannnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...

IFC: Indonesia Diharapkan Jadi Mode Busana Muslim Dunia

BOGOR, SERUJI.CO.ID - National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi menawarkan program konkrit membawa dunia ke Indonesia untuk...