Polres Ponorogo Ungkap Praktik Pembuatan Tahu Berformalin

PONOROGO, SERUJI.CO.ID – Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) dan Unit Resmob Satuan Reskrim Polres Ponorogo, Jawa Timur mengungkap praktik pembuatan tahu yang mengandung formalin di Purbosuman, Ponorogo.

Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Rudi Darmawan di Ponorogo, Kamis (31/5), menuturkan Satuan Reskrim mendapat informasi tentang beredarnya tahu berformalin di wilayah Ponorogo.

“Anggota unit Tipidter dan Unit Resmob Sat Reskrim beserta petugas laboratorium melakukan pengecekan di pabrik tahu UD. Untung Jaya. Pengecekan tahu dilakukan dengan teknik reagen,” ujarnya.

Menurut Rudi, dari hasil reagen menunjukkan bahwa tahu hasil produksi pabrik tersebut positif mengandung formalin.

“Selanjutnya Unit Tipidter dan Unit Resmob mengamankan Untung, pemilik pabrik, Anggik yang merupakan anak sekaligus mandor dan tujuh orang pekerja pabrik,” tegasnya.

Selain mengamankan pemilik pabrik tahu dan para saksi, kata Rudi, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Barang bukti yang diamankan, antara lain empat kotak tahu jadi, dua drum cuka tahu, satu zak kedelai, satu zak ampas tahu, dan sejumlah tahu yang sudah diedarkan.

Petugas juga menyita peralatan pembuatan tahu, cairan warna pink, air limbah penggilingan kedelai, sari pati kedelai, dan sejumlah barang bukti lain. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Indonesia Darurat Keadilan

Ghazwul Fikri dan Media