Polres Kotim Tangkap Pembeli dan Penjual Zenith

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Setelah carnophen atau zenith dinyatakan termasuk golongan narkotika, Polres Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, makin gencar memberantas obat terlarang itu, termasuk menangkap penjual dan pembelinya.

“Hari ini kami menangkap dua tersangka. Awalnya kami menangkap seorang pembeli, kemudian kami kembangkan hingga berhasil menangkap tersangka penjualnya,” kata Kapolres AKBP Muhammad Rommel melalui Kepala Satuan Reserse Narkoba AKP Ronny M Nababan di Sampit, Senin (23/4).

Tersangka pembeli dan penjual zenith itu adalah Ainun Arif (28) warga Jalan Biak Komplek lnhutani lll RT 030 RW 014 Kelurahan Mentawa Baru Hulu Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit dan Rojiansyah (35) warga Jalan Usman Harun IV RT 005 RW 002 atau Jalan Usman Harun RT04 RW02 KeIurahan Baamang Hilir Kecamatan Baamang, Sampit.

Arif ditangkap sekitar pukul 01.00 WIB di area sebuah bekas hotel di Jalan Tjilik Riwut RT 40 RW 07 Kelurahan Baamang Tengah Kecamatan Baamang. Sementara itu, Rojiansyah ditangkap di rumahnya di Jalan Usman Harun RT 04 RW 02 Kelurahan Baamang Hilir Kecamatan Baamang sekitar pukul 14.30 WIB.

Awalnya polisi menangkap Arif saat melintas di area sebuah bekas hotel. Saat digeledah, polisi menemukan lima butir zenith di saku celana depan sebelah kiri yang diakuinya untuk dikonsumsi sendiri.

Pengungkapan kasus ini kemudian dikembangkan. Akhirnya, polisi berhasil menangkap Rojiansyah yang merupakan tersangka penjual obat terlarang yang kini masuk kategori narkotika itu.

Saat penggeledahan di rumah Rojiansyah, polisi menemukan barang bukti berupa 181 butir obat zenith, uang Rp575.000 dan lembar plastik warna hitam. Barang bukti itu ditemukan di rak televisi dan bawah kasur.

Kedua pria yang merupakan tersangka pembeli dan penjual zenith itu dibawa ke markas Polres Kotawaringin Timur untuk diproses hukum. Mereka hanya bisa pasrah karena polisi menemukan barang bukti kuat atas kasus itu.

Arif yang disangka sebagai pembeli, dijerat dengan Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika junto Permenkes Nomor 7 tahun 2018 tentang perubahan penggolongan narkotika. Tersangka diancam pidana penjara minimal empat tahun.

Sementara itu, Rojiansyah yang disangka sebagai pengedar zenith, dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika junto Permenkes Nomor 7 tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika Golongan I dan atau Pasal 197 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan atau Pasal 196 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Kami masih mengembangkan kasus ini untuk menelusuri asal barang dan siapa pemasok obat-obatan terlarang ini,” kata Ronny.

Ronny menegaskan, pihaknya akan terus gencar memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Dia meminta bantuan informasi dari masyarakat agar para pelaku pengedar narkoba bisa ditangkap. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.