Polres Karawang Tetapkan Tersangka Pembuangan 78 Ton Limbah

KARAWANG, SERUJI.CO.ID –¬†Kepolisian Resor Karawang, Jawa Barat, menetapkan dua tersangka dalam kasus pembuangan 78 ton limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di areal terbuka sekitar Desa Tamansari, Karawang.

“Dua tersangka itu masing-masing berinisial S yang merupakan pemilik karung serta berinisial D yang melakukan pembuangan karung berisi kandungan B3 ke Desa Tamansari,” kata Kasatreskrim Polres setempat AKP Maradona Armin Mappaseng, di Karawang, Jumat (16/2).

Ia mengatakan, dua tersangka itu ditetapkan setelah pihaknya melakukan gelar perkara dalam kasus pembuangan 78 ton limbah B3 di Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, beberapa waktu lalu.

Dalam gelar perkara itu, terbukti kalau dua tersangka itu sengaja membuang karung yang mengandung B3 jenis poly aluminium chloride dan chostic soda di areal terbuka, di Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan.

“Penetapan tersangka itu juga berdasarkan dari hasil pemeriksaan sampel di laboratorium Puslabfor Mabes Polri yang menyatakan kalau benda yang dibuang itu merupakan B3,” kata dia.

Selain itu dari hasil penyelidikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di gudang milik S di Cikarang ditemukan karung-karung yang sama yang mereka cuci di Kali Malang.

Rencananya tumpukan karung yang mengandung B3 tersebut akan diangkut dan dimusnahkan.

Kasus itu merupakan tindak lanjut dari penangkapan truk Fuso yang diduga melakukan dumping dan membuang karung bekas berisi limbah di wilayah karawang.

Limbah sebanyak 78 ton tersebut diduga berasal dari Palembang yang dibawa menggunakan kapal tongkang kemudian dibawa melalui jalur darat dengan tujuan Cikarang.

Tetapi karena gudang penuh, maka pemilik meminta bantuan kawannya dan akhirnya limbah itu dibawa hingga dibuang di areal terbuka di sekitar Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Ruang Publik yang Manusiawi bersama Pancasila

Indeks dalam konteks ini telah berhasil mengucapkan sayonara pada ide sekularisme.

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER