Polres Bukittinggi Ungkap 12 Kasus Penyalahgunaan Narkoba Selama Januari 2019

BUKITTINGGI, SERUJI.CO.ID – Polres Bukittinggi melalui satuan narkoba mengungkap 12 kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu dan ganja selama Januari 2019.

“Kami mengungkap 12 kasus penyalahgunaan narkotika, baik dari jenis sabu maupun ganja. Ada pun untuk TKP kami di Agam Timur sebanyak tiga kasus dan Kota Bukittinggi sebanyak sembilan kasus,” ujar Kasat Narkoba Polres Bukittinggi AKP Pradipta Putra Pratama di Mapolres Bukittinggi, Jumat (1/2).

Barang bukti yang diamankan adalah ganja sebanyak 839,73 gram dan sabu-sabu sejumlah 60,47 gram dengan total orang ditangkap sebanyak 14 tersangka.

Pradipta Putra Pratama mengatakan dari keterangan tersangka, barang-barang tersebut diambil dan diperoleh dari luar Bukittinggi, di antaranya dari Medan, Aceh dan Pekanbaru.

“Bisa dikatakan diselundupkan untuk kemudian dipasarkan di daerah Bukittinggi,” ucap Pradipta Putra Pratama.

Sementara untuk target pasar para tersangka yang sudah menjadi target operasi sejak lama itu adalah kalangan remaja, pekerja dan anak-anak.

Sementara itu, sejumlah barang bukti tersebut siap dilimpahkan ke kejaksaan dan sudah melalui penimbangan serta uji labfor, sebagian masih diuji di labfor Polri di Medan.

“Kami tidak selesai sampai di sini, ke depan lebih maksimal mencegah barang haram itu agar tidak masuk ke Bukittinggi,” ucap Pradipta.

Selama 2018, Polres Bukittinggi mengamankan sabu-sabu seberat 53.802 gram dari 44 kasus dengan 58 tersangka, ganja seberat 46.491 gram dengan 22 tersangka serta ekstasi sebanyak 493 butir.

Polres Bukittinggi juga mengamankan sembilan tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) roda dua, pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian bongkar rumah dan pembuangan bayi.

“Yang kami dapatkan barang bukti di lapangan ada sembilan ranmor (kendaraan bermotor) roda dua, barbuk (barang bukti) curas dua TV speaker, ada pencurian bongkar rumah ada tv juga dan HP,” tutur Kasat Reskrim AKP Andi MA Mekuo.

Pelaku curanmor yang sebagian residivis merupakan spesialis lintas kabupaten dan tidak hanya melakukan pencurian di Bukittinggi, melainkan juga Padang dan Pasaman dengan target penjualan di berbagai wilayah Sumatera Barat.

Beberapa pelaku curanmor dilumpuhkan dengan timah panas karena karena saat akan diamankan berniat melarikan diri. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.