Polres Banjar Tangkap Pemuda Bobol ATM

MARTAPURA, SERUJI.CO.ID – Personel Resmob Kepolisian Resor Banjar, Polda Kalimantan Selatan, menangkap seorang pemuda yang berusaha membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri milik dua bank di Kota Martapura.

Kepala Kepolisian Resor Banjar AKBP Takdir Mattanete di Martapura, Senin (7/5) mengatakan, pelaku pembobolan yang berinisial FT (24) ditangkap petugas pada Jumat (4/5) dinihari.

“Pelaku ditangkap di lokasi mesin ATM di klinik kesehatan Jalan Sekumpul Ujung, Kecamatan Martapura Kota saat berusaha merusak mesin untuk menguras uang di dalamnya,” ujar kapolres.

Ia mengatakan, keberhasilan petugas menangkap warga Kampung Melayu Kecamatan Martapura Timur itu berkat laporan masyarakat melalui tombol panik yang langsung direspon petugas.

Disebutkan, sebelum melaporkan, masyarakat melihat gerak-gerik pelaku yang mencurigakan selama berada dalam ruang ATM sehingga melaporkan aktivitas pelaku melalui saluran “panic botttom”.

“Petugas Resmob langsung merespon panggilan darurat itu dan mendapati pelaku berada dalam ruang ATM dengan kondisi mesin yang merusak dan sudah terbongkar bagian depannya,” kata dia.

Dikatakan, barang bukti kejahatan pelaku yang tergolong pencurian dengan pemberatan (curat) dan berhasil disita diantaranya obeng, tang, balok kayu dan buku petunjuk mesin ATM.

“Perbuatan pelaku termasuk curat dan cara kerjanya kasar bukan profesional karena merusak mesin ATM dengan alat manual. Namun, kami masih mendalami adanya pelaku lain,” ujar kapolres.

Ditambahkan, perbuatan pelaku yang terbukti melakukan pencurian dikenakan pelanggaran pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.

“Pelaku terbukti melakukan curat dengan cara merusak mesin ATM dan dilakukan malam hari dengan modus pura-pura mengecek saldo dan beraksi setelah kondisi sepi,” katanya.

Tersangka FT alias Ahul mengaku, dirinya baru pertama kali melakukan aksi pencurian di mesin ATM dan mendapat peralatan dari komplek perumahan tak jauh dari lokasi kejadian.

“Saya mengambil alatnya di komplek perumahan dekat lokasi ATM dan mau mencoba merusaknya untuk mengambil uang tetapi belum berhasil dan ditangkap polisi,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER