Polisi Tangkap Kades Tersangka Pemerasan Sertifikat Tanah

LANGKAT, SERUJI.CO.ID – Aparat satuan pidana umum Kepolisian Resor Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menangkap tersangka kepala desa pelaku pemerasan dan pemaksaan dengan ancaman pengurusan sertifikat tanah di Desa Telaga Jernih Kecamatan Secanggang.

Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Resor Langkat AKBP Dede Rojudin melalui Kepala Satuan Reserse dan Kriminal AKP Firdaus, di Stabat, Sabtu (14/4).

Firdaus menjelaskan penangkapan itu berdasarkan laporan polisi Nomor : LP/71/II/2018/SU/LKT, tertanggal 5 Februari 2018.

Adapun oknum kepala desa Telaga Jernih Kecamatan Secanggang yang diamankan polisi itu berinisial SUK (43), sebelumnya juga polisi sudah memeriksa beberapa saksi termasuk mengamankan tiga kepala dusun dalam kasus yang sama.

Firdaus menyampaikan pada bulan September 2017 ada program pemerintah pengurusan tanah secara Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara gratis. Namun oleh pihak kepala desa beserta kepala dusun meminta pengurusan biaya pembuatan sertifikat tanah tersebut Rp600.000 bagi yang memiliki alas hak dan Rp850.000 yang tidak memiliki alas hak.

“Dimana apabila masyarakat tidak membayar maka sertifikat yang telah siap diurus tidak akan diberikan, sehingga masyarakat merasa keberatan hingga melaporkannya kepada polisi,” katanya.

Kini tersangka sudah kita amankan untuk pengembangan penyidikan lebih lanjut dan saat ini sudah berada di Mapolres Langkat.

Sebelumnya juga polisi sudah mengamankan tiga kepala dusun yang terlibat dalam kasus tersebut berinisial SUM (40), SW (34), ARI (42) warga Desa Telaga Jernih Kecamatan Secanggang dalam kasus yang sama.

Penangkapan terhadap ketiganya berdasarkan laporan warga korban Heriadi (38) warga Dusun N Desa Telaga Jernih yang merasa dirugikan dalam pembuatan sertifikat karena pada bulan November Presiden Republik Indonesia mengunjungi Langkat menyatakan pengurusan sertifikat tanah gratis. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bisa Terima Capres Yang “Ikut” Perayaan Natal, Kenapa Keberatan Jika Hadiah Lomba dari Denny JA?

Karena sifat lomba ini yang sedemikian terbuka, tentu pihak-pihak yang mendukung wacana "NKRI Bersyariah" ini dapat juga menulis pemikirannya dan ikut serta dalam lomba ini. Apalagi jelas-jelas topik yang dilombakan ini adalah MENGUPAS esai yang ditulis Denny JA. Apakah mengupas dalam koteks setuju dengan tesis Denny JA, maupun tidak bersepakat dengannya.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER