Polisi Tangkap Kades Tersangka Pemerasan Sertifikat Tanah

0
91
Ilustrasi.

LANGKAT, SERUJI.CO.ID – Aparat satuan pidana umum Kepolisian Resor Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menangkap tersangka kepala desa pelaku pemerasan dan pemaksaan dengan ancaman pengurusan sertifikat tanah di Desa Telaga Jernih Kecamatan Secanggang.

Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Resor Langkat AKBP Dede Rojudin melalui Kepala Satuan Reserse dan Kriminal AKP Firdaus, di Stabat, Sabtu (14/4).

Firdaus menjelaskan penangkapan itu berdasarkan laporan polisi Nomor : LP/71/II/2018/SU/LKT, tertanggal 5 Februari 2018.

Adapun oknum kepala desa Telaga Jernih Kecamatan Secanggang yang diamankan polisi itu berinisial SUK (43), sebelumnya juga polisi sudah memeriksa beberapa saksi termasuk mengamankan tiga kepala dusun dalam kasus yang sama.

Firdaus menyampaikan pada bulan September 2017 ada program pemerintah pengurusan tanah secara Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara gratis. Namun oleh pihak kepala desa beserta kepala dusun meminta pengurusan biaya pembuatan sertifikat tanah tersebut Rp600.000 bagi yang memiliki alas hak dan Rp850.000 yang tidak memiliki alas hak.

“Dimana apabila masyarakat tidak membayar maka sertifikat yang telah siap diurus tidak akan diberikan, sehingga masyarakat merasa keberatan hingga melaporkannya kepada polisi,” katanya.

Kini tersangka sudah kita amankan untuk pengembangan penyidikan lebih lanjut dan saat ini sudah berada di Mapolres Langkat.

Sebelumnya juga polisi sudah mengamankan tiga kepala dusun yang terlibat dalam kasus tersebut berinisial SUM (40), SW (34), ARI (42) warga Desa Telaga Jernih Kecamatan Secanggang dalam kasus yang sama.

Penangkapan terhadap ketiganya berdasarkan laporan warga korban Heriadi (38) warga Dusun N Desa Telaga Jernih yang merasa dirugikan dalam pembuatan sertifikat karena pada bulan November Presiden Republik Indonesia mengunjungi Langkat menyatakan pengurusan sertifikat tanah gratis. (Ant/SU01)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...