Polisi Tangkap Enam Pelaku Pungli Objek Wisata

KARAWANG, SERUJI.CO.ID – Aparat kepolisian dari Unit Satreskrim Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat menangkap enam orang pelaku pungutan liar di tempat wisata Pantai Tanjungpakis.

“Keenam pelaku itu terjaring dalam operasi tangkap tangan Polres Karawang,” kata Kapolres setempat AKBP Slamet Waloya, di Karawang, Ahad (24/6).

Para pelaku melakukan pungutan liar dengan memalsukan tiket tanda masuk. Modusnya, pelaku meminta uang sebesar Rp20 ribu per pengunjung.

Setelah menerima uang tersebut, pelaku memberikan pengunjung tiket masuk objek wisata Pantai Pakisjaya palsu.

“Mereka memalsukan tiket masuk objek wisata dengan cara di-scan dan dicetak kembali. Tiket itu diketahui jelas palsu karena jenis tiketnya berbeda dengan tiket yang dikeluarkan pengelola tempat wisata itu,” kata dia lagi.

Atas perbuatan pelaku, kata Kapolres, para pengunjung objek wisata Pantai Pakisjaya dirugikan. Seharusnya pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 seperti tiket yang diterbitkan pengelola.

Tapi pelaku meminta uang ke setiap pengunjung dengan tiket masuk palsu sebesar Rp20.000 sebagai tiket masuk. Itu baru satu pintu, sedangkan untuk menuju objek wisata pantai itu, pengunjung harus melewati empat pintu masuk.

“Untuk melalui empat pintu masuk dan sampai ke objek wisata Pantai Pakisjaya, pengunjung harus mengeluarkan uang Rp70.000. Itu sangat merugikan pengunjung,” kata dia.

Atas hal tersebut, enam pelaku pungutan liar yang masing-masing berinisial IS, CM, YY, SK, KT, dan YD ditangkap pihak kepolisian setempat.

Keenam pelaku pungutan liar itu merupakan warga setempat, yakni warga Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, Karawang.

Dari penangkapan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti seperti uang senilai Rp839 ribu, 93 lembar tiket palsu, dan satu bundel tiket masuk tempat wisata Pantai Tanjungpakis.

“Keenam pelaku diancam pasal 263 ayat (2) KUHP dengan hukuman pidana penjara enam tahun,” kata Kapolres. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.