Polda Sumut Amankan Oknum Polisi Pembeking Pembuatan SIM Palsu

0
30
SIM Palsu
Jutaan SIM Palsu yang digerebek Polda Sumut. (Foto: Istimewa)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Polda Sumatera Utara mengamankan tiga orang laki-laki yang diduga terlibat dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu di Jalan Bakti Luhur, Kecamatan Medan Helvetia yang digerebek pada Kamis (28/9) malam.

“Ketiga pelaku adalah HP (34) selaku pemilik rumah dan berperan sebagai pembuat SIM palsu dan pemesan SIM bekas,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting dalam pesan singkat yang diterima di Medan, Jumat (29/9).

Kemudian, lanjutnya, Irw (33), warga Jalan Merak Kecamatan Medan Sunggal yang berperan sebagai pembuat SIM palsu dan pemesan SIM bekas. Sedangkan satu lagi adalah RF (35), oknum Polri yang berperan sebagai pencari SIM.

Dalam menjalankan aksinya, kata Kombes Rina, pelaku menggunakan modus operandi pembuatan SIM palsu dengan cara membeli SIM bekas. Setelah itu, data yang ada dalam SIM bekas tersebut dihapus, selanjutnya pelaku menggunakan komputer jinjing (laptop) mencetak nama pemesan.

“Kemudian dengan menggunakan alat lakban, data baru tersebut ditempelkan ke SIM palsu, lalu dilaminating untuk merekatkan data yang ditempelkan,” jelasnya.

Untuk mendapatkan SIM palsu itu, pelaku menetapkan harga Rp 450 ribu untuk SIM C, Rp 500 ribu untuk SIM A, Rp 600 ribu untuk SIM B1 dan SIM B1 Umum, serta Rp 750 ribu untuk SIM B2.

“Untuk setiap SIM yang dipesan, RF yang berperan sebagai pencari pemesan SIM menerima keuntungan sebesar Rp 50.000,” ungkapnya.

Menurut Kombes Rina, penggerebekan tersebut berawal dari informasi yang menyebutkan adanya sekelompok orang yang menawarkan SIM dengan cara tanpa mengikuti tes di Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan.

Kemudian, tim dari Direktorat Reskrim Umum Polda Sumut melakukan penyelidikan dan melakukan penggeledahan sebuah rumah di Jalan Bakti Luhur, Gang Sairun, Kecamatan Medan Helvetia.

Dalam penggerebekan dan penggeledahan tersebut, pihak kepolisian menemukan sejumlah SIM yang telah dicetak, jutaan lembar SIM bekas, alat laminating, kertas yang bertuliskan cetakan nama-nama pemesan SIM, pasfoto pemesan SIM, serta bong (alat isap sabu-sabu) dan satu buah plastik klip yang berisikan narkotika jenis sabu-sabu.

Polda Sumut masih mengembangkan kasus itu untuk mengetahui tersangka lain dalam kasus pembuatan SIM palsu tersebut. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Sri Untari

Jadi Cawagub Khofifah, PDIP Akan Pecat Emil Dardak Sebagai Kader

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - PDI Perjuangan akan memecat dengan mencabut kartu tanda anggota (KTA) Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak sebagai kader partai. Hal ini dilakukan...

Tentukan Nasib Novanto, Inilah Keputusan Rapat Pleno Partai Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Pleno Partai Golkar baru saja berakhir. Rapat yang dimulai pukul 13.00 WIB ini menghasilkan beberapa keputusan. Antara lain, Rapat Pleno ‎memutuskan...
sawah tercemar

Diberi Dana Tali Asih, Petani Tetap Tuntut PT Mitrabara Bayar Ganti Rugi Yang Sesuai

MALINAU, SERUJI.CO.ID - PT Bara Dinamika Muda Sukses (BDMS) menyerahkan dana tali asih sebesar Rp500 juta kepada petani sebagai bentuk ucapan permohonan maaf atas tercemarnya...

KANAL WARGA TERBARU

skripsi

Ingin Tulisan “WARGA SERUJI” Dibaca Banyak Pengunjung? Cobalah Trik Ini

SERUJI.CO.ID - Untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan membuat pembaca selalu menanti tulisan-tulisan anda di kanal "WARGA SERUJI", saya coba berikan sedikit petunjuk...
follow-leader

Menjadi Seorang Pemimpin

Seorang leader/pemimpin harus memiliki jiwa melayani. Pemimpin yang baik berasal dari pengikut yang baik. Cara menjadi pengikut yang baik adalah dengan mendengar, menjadi seorang...

KAPAN PEMIMPIN HARUS DIPATUHI ?

Luthfi Bashori Suatu saat Rasulullah SAW mengirim satu pasukan dan mengangkat seorang Anshar sebagai pemimpin, serta memerintahkan agar seluruh pasukan mematuhi pemimpinnya. Di tengah jalan, tiba-tiba...