Polda Sumsel Musnahkan Ratusan Pil Ekstasi

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Selatan memusnahkan barang bukti kejahatan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba berupa sabu-sabu seberat 1,8 kilogram dan 223 butir pil ekstasi.

Pemusnahan baran bukti narkoba yang diamankan dari enam tersangka yang ditangkap sepanjang Februari hingga April 2018 dipimpin Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel Kombes Pol Farman, di halaman Mapolda, Palembang, Kamis (26/4).

Sebelum dimusnahkan dengan cara dihancurkan atau dilarutkan menggunakan alat blender, barang bukti kejahatan narkoba itu dilakukan uji laboratorium oleh Tim Pusat Laboratorium Forensik Polda Sumsel disaksikan Presiden Gerakan Anti-Narkoba Nusantara (GANN) Sumsel Dewi Gumay, pihak Kejaksaan Tinggi Sumsel dan pengacara para tersangka.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel Kombes Pol Farman pada kesempatan itu mengatakan pemusnahan barang bukti itu dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan dan sebagai bentuk keterbukaan jajarannya kepada masyarakat.

Selain itu kegiatan pemusnahan sesuai dengan amanat Pasal 91 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 45 ayat 4 KUHAP yang mewajibkan kepada penyidik untuk melakukan pemusnahan barang bukti yang sifatnya terlarang.

Melalui kegiatan pemusnahan itu diharapkan masyarakat dapat mendukung tindakan pencegahan dan pemberantasan narkoba yang bisa menjadi racun dan membahayakan kesehatan serta merusak mental generasi muda penerus bangsa.

Dukungan dari masyarakat sangat diharapkan karena pemberantasan narkoba tidak mungkin bisa dilakukan oleh anggota Ditres Narkoba Polda Sumsel sendiri yang jumlah personelnya terbatas, ujar dia. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER