Polda Metro Akan Gelar Operasi Senjata Api

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Petugas Polda Metro Jaya bersama jajaran polres menggelar operasi senjata api dan bahan peledak untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Ramadhan.

“Ksmi upayakan mengurangi potensi kejahatan menggunakan senjata api dan bahan peledak,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, Selasa (17/4).

Argo mengatakan anggota Polda Metro Jaya dan jajaran polres hingga polsek berupaya mendeteksi dini risiko kejahatan dan kekerasan yang menggunakan senjata api sebagai cipta kondisi menjelang Ramadhan.

Operasi khusus senjata api dan bahan peledak akan digelar pada 16-30 April 2018 dengan kekuatan 650 personel di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Argo menuturkan operasi akan dilakukan secara terbuka dan tertutup seperti razia kendaraan di jalan atau mendeteksi keberadaan produsen rumahan senjata api rakitan.

Ia mengatakan, petugas kepolisian juga akan menyasar penjual senjata api organik maupun rakitan, penyalahgunaan senjata api, penjual alat kejut listrik ilegal, pemilik atau pemegang izin khusus hak senjata api yang terlibat pidana.

Kemudian memantau pengguna senjata api bela diri yang habis masa berlakunya, penjual bahan kimia, penjual senjata mainan, replika, senjata gas (airsoft gun), suku cadang senjata api tanpa izin dan penjual peluru tajam.

Argo menyatakan petugas akan menindak tegas penjual maupun orang yang menyimpan senjata api termasuk peluru tajam, peluru karet, peluru gas, senjata angin, senjata api replika maupun senjata api nonorganik milik TNI tanpa izin.

Pemantauan dan pengawasan terhadap senjata api menurut Argo, akan dilakukan di sejumlah lokasi seperti bengkel, penjual senapan angin, pelabuhan laut, bandara, serta gudang penyimpanan senjata api dan bahan kimia. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Reposisi Sekolah Demi Pendidikan

Menempatkan sekolah sebagai lembaga yang paling membentuk keterpelajaran seseorang adalah mitos dan tahayul, kalau tidak bisa disebut hoaks.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.