Polda Lampung Tembak Buronan Pembunuh Dua Polisi

BANDARLAMPUNG, SERUJI.CO.ID – Polda Lampung menangkap dan menembak Kasto Riyono (55) alias Ujang Kasto setelah menjadi buron kasus pembunuhan dua polisi.

Tersangka yang merupakan gembong perampokan itu roboh dan tewas, setelah terlibat baku tembak dengan polisi yang akan meringkusnya, di Desa Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah, Sabtu (14/4) pukul 02.00 WIB.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Lampung AKBP Adrian Indra Nurinta mengatakan tersangka merupakan buronan ini sudah puluhan kali melakukan aksi pencurian dan perampokan, bahkan hingga lintas provinsi.

“Pelaku adalah residivis dan paling dicari oleh Polda Lampung. Dia merupakan kelompok Wagino, dengan aksi kejahatannya banyak, dan dalam aksinya pelaku pernah menembak mati AKP Wiyono Kapolsek Blambanganumpu, Polres Waykanan pada tahun 2009, dan Aiptu Siregar anggota Polsek Sidoarjo, Polres Tanggamus. Nama kedua polisi tersebut diabadikan dalam lingkungan Polda Lampung sebagai Graha Wiyono Siregar,” ujarnya menjelaskan kepada wartawan, di Ruang Jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung.

Adrian menambahkan jajarannya sudah lama mencari pelaku yang menembak mati dua anggota polisi tersebut.

“Tersangka ini sudah lama dicari, sejak saya jadi Kasat Reskrim Polres Tulangbawang, Polresta Bandarlampung, dan Kasubdit Jatanras Polda Lampung, baru ini tertangkap,” kata lulusan Akpol 1995 ini.

Kasubdit III Jatanras Polda Lampung AKBP Ruly Andi Yulianto menyatakan penangkapan terhadap tersangka terjadi pada dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

Ia mengungkapkan pelaku sempat menarik senjata laras panjang milik anggota kepolisian saat akan dilakukan penangkapan.

“Ujang Kasto itu melakukan perlawanan aktif terhadap petugas, dia rebut senjata petugas, akhirnya terjadi perkelahian, dan petugas berhasil memenangkan. Pertama dia kena di bagian paha kanan dan terpaksa dilakukan penindakan tegas terukur, sehingga peluru mengenai dada sebelah kiri tersangka,” ujarnya.

Petugas Polda Lampung berhasil mengamankan barang bukti 1 unit mobil truck dan dua unit mobil Xenia, tiga unit handphone, serta satu pucuk senjata api FN dengan tiga butir peluru. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi