Polda Lampung Amankan Ribuan Liter BBM Oplosan

BANDARLAMPUNG, SERUJI.CO.ID – Subdit I Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Ditreskrimsus Polda Lampung mengamankan ribuan liter bahan bakar minyak (BBM) yang diduga oplosan beserta empat kendaraan pengangkutnya.

Direktur Reskrimsus Polda Lampung Kombespol Aswin Sipayung, di Bandarlampung, Kamis (24/5), menyatakan sejumlah kendaraan tersebut diamankan dari perkara dugaan BBM oplosan.

“Ya, kami amankan, dan kasus ini sedang dalam proses lidik,” ujarnya.

Terkait keterangan mendalam perkara tersebut, Aswin menolak memaparkannya lagi. Dia hanya menyebutkan, sejumlah kendaraan itu merupakan barang bukti yang disita dari salah satu gudang penimbunan BBM diduga oplosan.

“Saat ini sudah 4 hingga 5 orang kami periksa sebagai saksi, karena kami masih lidik. Belum bisa diekspose secara detail, karena ada asas praduga tak bersalah,” kata mantan Kapolres Belawan itu pula.

Aswin mengatakan, gudang beserta kendaraan itu diamankan, karena menyimpan BBM yang diduga tidak asli.

“Ribuan liter jumlahnya,” ujarnya.

Empat kendaraan berisikan ribuan liter BBM diduga oplosan tersebut diamankan dari salah satu lokasi di Bandarlampung, Ahad (20/5) lalu, dan hingga Rabu (23/5), Polda Lampung belum menetapkan tersangka atas perkara tersebut.

Keempat mobil tersebut terparkir di halaman Mapolda Lampung, yaitu satu truk tangki Pertamina dengan nomor polisi BE 9230 CL, dan tiga truk dengan nomor polisi BE 8004 AJ, F 8647 GM, dan BE 9866 CM. Keempat kendaraan tersebut diduga sudah disita dari perkara tersebut.

Senada dengan pimpinannya, Kasubdit I Indagsi Ditreskrimsus Polda Lampung AKBP Budiman Sulaksono hanya membenarkan perkara tersebut. Namun, tidak mau berkomentar lebih jauh.

“Kalau perkara itu benar, dan sedang kami tangani. Namun untuk data lengkap, saya tidak bisa sampaikan,” katanya lagi.

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Lampung Donny Irawan menegaskan kepada Polda Lampung, agar perkara tersebut diusut tuntas, karena berimbas pada kenyamanan masyarakat.

“Informasi penangkapan BBM oplosan itu sudah kami terima. Mudah-mudahan perkara ini selesai, dan sampai ke pengadilan,” ujar Donny.

Donny menyatakan, tidak menutup kemungkinan apabila peredaran BBM oplosan dibekingi oknum-oknum aparat tertentu.

“Jelang Lebaran, ada-ada saja yang bermain minyak. Sejauh ini kami nilai, peredaran BBM oplosan ini sudah menjadi rahasia umum. Bisa saja dibekingi oleh oknum petugas,” kata dia, tanpa menyebutkan secara rinci oknum dimaksud.

BBM oplosan, lanjut Donny, kerap dicampur dengan minyak mentah yang diedarkan dari Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

“Saat penangkapan itu, Hiswana Migas tidak ikut ya. Dan kami duga campuran BBM itu berasal dari Banyuasin, Sumatera Selatan,” kata Donny lagi. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER