Polda Jatim Amankan Tujuh Pengedar Sabu 6,5 Kilogram

SURABAYA, SERUJI.CO.ID Direktorat Reserse Narkoba (Ditreskoba) Polda Jawa Timur mengungkap peredaran sabu-sabu dengan berat 6,5 kilogram dan mengamankan tujuh orang tersangka.

Wadirreskoba Polda Jatim AKBP Teddy Suhendyawan di Surabaya, Jumat (6/4) mengatakan dari tujuh orang tersangka itu, satu di antaranya adalah warga negara asing (WNA) asal Vietnam.

Pengungkapan pertama, pihaknya bekerja sama dengan Bea Cukai Juanda Surabaya mengamankan pelaku pertama, berinisial RY yang berusaha menyelundupkan sabu-sabu seberat 2.950 gram atau kurang lebih 3 kilogram dari Malaysia melalui penerbangan Air Asia tujuan Surabaya.

“Modusnya dimasukkan ke dalam panci, tujuannya kan supaya mengelabuhi X-ray. Namun bisa terdeteksi,” katanya.

Kerja sama dengan Bea Cukai dilanjutkan dengan menangkap tersangka Nguyen, WNA asal Vietnam. Perempuan tersebut berusaha menyelundupkan narkotika jenis sabu-sabu seberat 1.175 gram atau 1 kilogram lebih dengan modus dimasukkan ke dalam koper, dikemas di sisi belakang.

“Semua juga melibatkan jaringan internasional. Dua tersangka tersebut mencoba mengirimkan narkotika melalui jalur udara,” ujarnya.

Sementara lima tersangka lainnya, mencoba menyelundupkan dari jalur laut dan darat.

Tersangka lainnya yang diamankan antara lain, inisial DH dengan barang bukti sabu-sabu 42,02 gram, I dengan barang bukti sabu-sabu seberat 204 gram. “Ini masuk dalam jaringan lokal, Pasuruan dan sekitarnya,” ujarnya.

Kemudian tiga tersangka yang merupakan satu jaringan Batam. Masing masing inisial H dengan sabu-sabu seberat 1.012,79 gram atau lebih dari 1 kilogram. Dari pengembangan, kemudian petugas mengamankan tersangka HM dan RD dengan barang bukti 914 gram sabu-sabu.

“Hasil pengembangan ini berkat kerja sama dengan Polda Kepuluan Riau,” tuturnya.

Atas perbuatannya, ketujuh tersangka melanggar Pasal 114 dan Pasal 112 Undang Undang RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman human maksimal mati. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy