Polda Jateng Ringkus Pelaku Ujaran Kebencian Bernuansa SARA

1
146
Ilustrasi.

SEMARANG – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah meringkus seorang pelaku ujaran kebencian melalui media sosial Facebook yang mengunggah tentang hal-hal bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan.

Kasubdit Ekonomi Khusus Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah AKBP Teddy Fanani di Semarang, Kamis (21/9), mengatakan pelaku penyebar ujaran kebencian tersebut berinisial SW (29), warga Cangkiran, Mijen, Kota Semarang.

“Pelaku mengunggah status-status yang berbau SARA melalui akun Facebook bernama Rio Wibowo,” katanya.

Dia menjelaskan pengungkapan itu bermula dari patroli Unit Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri.

Informasi yang diperoleh, kata dia, kemudian didalami dan ditelusuri. Petugas kemudian mendapati akun tersebut dan mulai melakukan kontak.

“Anggota menghubungi akun tersebut dengan menyamar sebagai perempuan,” katanya.

Pelaku, lanjut dia, berhasil dipancing untuk bertemu hingga akhirnya diringkus.

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

1 KOMENTAR

  1. salut. hanya seruji yang berhasil menyampaikan motif dasar pelaku, yaitu “kebencian kepada agama yang dianutnya”, yaitu Islam. Pada media lain, hal itu tidak tersampaikan.
    sayangnya, tetap saja isi berita tidak membahas masalah utama yang ingin / harusnya diketahui, yaitu “kebencian seperti apa yang disampaikan pelaku”. Mungkin screenshoot salah satunya akan dapat memuaskan pembaca. Mungkin karena yang mau disampaikan adalah “hati-hati mengungkapkan kritik/kebencian di media sosial”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU