Pimpinan KPK Jadi Tersangka, ACC: Bentuk Intervensi Setya Novanto

0
3277
Ketua KPK Agus Rahardjo.

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID –┬áLembaga Anti Corruption Commitee (ACC) Sulawesi menyikapi adanya upaya kriminalisasi terhadap pimpinan dan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas laporan pidana kuasa hukum Setya Novanto pasca ditetapkan kembali tersangka.

“Laporan tersebut merupakan bentuk kriminalisasi terhadap pimpinan dan penyidik KPK yang saat ini fokus memberantas perilaku korupsi, yang diajukan pengacara Setnov,” tegas Direktur ACC Sulawesi Abdul Muttalib di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (10/11).

Terkait beredarnya informasi atas laporan pidana kuasa hukum Setya Novanto ditujukan kepada Pimpinan KPK yakni Agus Rahardjo dan Saut Situmorang termasuk 24 penyidik KPK, menurutnya, adalah upaya kriminalisasi terstruktur bila itu berhasil diperkarakan.

Loading...

“Jelas laporan itu merupakan manuver dan bentuk intervensi Setnov terhadap pengusutan kasus korupsi e-KTP, karena dilakukan ditengah gencarnya KPK membongkar korupsi e-KTP juga melibatkan Setnov, sehingga memiliki benang merah,” ungkap dia.

Menurutnya, laporan yang diajukan tersebut dianggap salah alamat, karena tuduhan pemalsuan surat tidak memiliki bukti hukum, mengingat kewenangan melakukan cegah-cekal bukan di KPK, tetapi pihak imigrasi, dan Kemenkumham.

Sedangkan KPK hanya menjalankan fungsinya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang dengan mengajukan permohonan cegah-cekal terhadap Setnov, tetapi keputusannya tetap di pihak imigrasi.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU