Penyebar Hoaks Penculikan Anak Ditangkap Polisi

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID – Jaringan penyebar hoaks terkait penculikan anak serta penjualan organ tubuh anak melalui jejaring media sosial Facebook dibongkar Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan.

“Penangkapan ini hasil dari patroli Siber Direktorat Reskrimsus Polda Sulsel menemukan pemilik akun Facebook yang diduga penyebar berita hoaks bertuliskan tertangkapnya pelaku penculikan anak di Kota Makassar, melalui akun Facebook Usman Abdullah,” kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Selasa (6/11).

Pelaku penyebar informasi hoaks ini diamankan pada Senin (5/11) di Jalan Borong Jambu, Perumnas Antang Blok 1 Makassar, Sulsel.

Ia mengunggah berita hoaks tentang tertangkapnya pelaku penculikan anak di Kota Makassar pada Jumat (2/11).


Pria kelahiran 31 Oktober 1990 ini yang berprofesi sebagai wiraswasta ini tidak menyangka akan berurusan dengan Kepolisian karena menyebarkan informasi tersebut ke publik tanpa mengecek keabsahan informasi yang didapatkan dari media sosial.

Menurut Dicky, yang bersangkutan mengunggah berita bohong yang belum pasti kebenarannya yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat dengan isi konten “penculikan anak di batua raya”.

Pesan itu bertuliskan “hati-hati ki, jaga baik-baik anak ta!!!. Assalamualaikum, batua raya geger tertangkap pencuri anak-anak. Menurut pengakuan tersangka, ada beberapa anggotanya atau kelompok tersebar di Makassar yang diincar umur tujuh tahun ke bawah, satu organ tubuh satu miliar”.

Motif pelaku adalah untuk mengingatkan warga Makassar untuk menjaga anaknya dari maraknya berita terkait penculikan anak di Kota Makassar.

Saat diusut dalam kasus ini, pelaku berdalih menerima informasi tersebut dari salah salah seorang warga Makassar lainnya.

“Seorang pelaku lainnya diamankan, yakni perempuan bernama Nurmayati berdomisili di Jalan Tinumbu lorong 132, Kelurahan Layang Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Sulsel,” ujarnya.

Yang bersangkutan juga mengunggah hoaks tentang penculikan serta penjualan organ tubuh manusia pada Rabu (21/3). Kemudian diamankan di rumahnya pada Senin (5/11).

Menurut Dicky, pelaku diketahui merupakan mahasiswi salah satu perguruan tinggi kelahiran 25 Desember 1995. Ia menyebarkan informasi bohong tersebut untuk mengingatkan orang-orang menjaga anak-anaknya.

Keduanya dipersangkakan pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana serta Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (SU01)

KONSULTASI

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Dampak Tiket Mahal, Bandara Soetta pun Sepi dan Pedagang Mulai Was-Was

Harga tiket melambung, Bandara Soekarno Hatta pun sepi. Pedagang was was...

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Dua Relawan Jokowi-KH Ma’ruf Jadi Korban Ledakan Nobar Debat

TKN Jokowi-Ma'ruf menjenguk dua korban ledakan yang terjadi di area debat calon presiden (capres) yang dirawat di RSAL Dr. Mintohardjo.

Jokowi Klaim Dalam 4,5 Tahun Tak Ada Konflik Pembebasan Lahan, Tapi Data Berkata Sebaliknya

Jokowi klaim sudah tidak ada konflik terkait pembebasan lahan dalam proyek infrastruktur. Namun data yang ditemukan SERUJI berbeda...

TERPOPULER