Pengusaha Penghina Nabi Muhammad Akan Disidangkan Selasa

MEDAN – Pengadilan Negeri (PN) Medan menjadwalkan sidang perkara penistaan agama Islam di media sosial yang dilakukan tersangka Anthony Ricardo Hutapea (61) warga perumahan Bukit Hijau Residence, Jalan Setia Budi, Medan Sunggal, pada hari Selasa (13/6) siang.

“Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan yang akan menyidangkan perkara penistaan agama tersebut, juga sudah terbentuk dan siap melaksanakan tugas,” kata Humas PN Medan Erintuah Damanik, Senin (12/6).

Majelis Hakim diantaranya Erintuah Damanik (Hakim Ketua), Johny JH Simanjutak (Hakim Anggota), dan Masrul (Hakim Anggota). Sedangkan Panitera Pengganti adalah M Husni Aprianto.

Erintuah mengharapkan, sidang perkara itu dapat berlangsung dengan tertib, aman, lancar dan tidak ada ditemui kendala.

“Berkas perkara penistaan agama itu, diterima majelis hakim dari Kejaksaan Negeri Medan pada Senin (29/5),” ujarnya.

Sebelumnya, Polrestabes Medan menangkap seorang pengusaha transportasi, Anthony Ricardo Hutapea, terkait kasus dugaan penistaan agama di akun media sosial miliknya, Sabtu (15/4). Dia diduga telah menghina Nabi Muhammad SAW melalui postingan di akun Facebooknya.

Kemudian Penyidik Polrestabes Medan menetapkan Anthony sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama pada 17 April.

Selanjutnya perkara penistaan agama tersebut dilimpahkan penyidik Polrestabes Medan ke Kejari Medan pada 15 Mei karena berkas perkaranya dianggap sudah lengkap atau P-21.

Dalam kasus ini, Anthony dijerat dengan pasal 156 dan 156a KUHP. Dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diakuisisi atau Mengakuisisi: Satu Demi Satu Jatuh ke Tangan Asing

Suatu saat Anda didatangi oleh manajer pengembangan usaha Unilever menawari Anda untuk membeli 100% saham perusahaan Anda dengan harga 25 tahun laba alias Rp250 miliar. Anda dipersilakan pensiun dengan menikmati laba 25 tahun kedepan dalam bentuk uang tunai. Anda tertarik tidak? Ngiler tidak?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER