Pelaku Perusakan Masjid di Tuban Jalani Pemeriksaan Kejiwaan

0
63
Pelaku perusakan masjid di Tuban (foto:istimewa)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memeriksa kejiwaan seorang pelaku perusakan Masjid Baiturrahim di Jalan Sumurgempol, Kelurahan Karangsari, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera menyebut pelaku berinisial MZ, telah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim di Surabaya, Selasa (13/2).

Pria berusia 40 tahun, asal Desa Karangharjo, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, itu mengalami luka-luka di tangan dan kakinya akibat merusak fasilitas masjid, di antaranya memecah kaca-kaca di sekitar masjid.

Kejadian perusakan itu terjadi pada dini hari tadi, sekitar pukul 01.00 WIB.

“Tadi siang sekitar pukul 11.00 WIB pelaku sudah tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya,” ucapnya.

Selain untuk diobati luka-lukanya, Barung memastikan, pihak Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya akan memeriksa kondisi kejiwaannya.

Informasi yang dihimpun polisi, MZ sudah terlihat berada di Masjid Baiturrahman, Tuban, sejak Senin (12/3) sore, sekitar pukul 16.00 WIB, untuk menunaikan shalat Ashar.

Menurut Barung, MZ tidak datang sendirian, melainkan bersama rombongan, yang selain dirinya juga terdapat seorang lelaki dewasa, serta tiga anak-anak, salah satunya berusia SMP dan dua lainnya masih balita.

Mereka tiba di Masjid Baiturrahman dengan mengendarai Mobil Toyota Innova nomor polisi H-8697-JQ.

Usai menunaikan shalat Ashar, rombongan ini sempat mengobrol dengan masyarakat setempat, sebelum kemudian pergi. Namun, kembali lagi menjelang waktu shalat Isya, dan ikut shalat berjamaah, namun rombongan ini membuat barisan atau saf tersendiri di luar jamaah Masjid Baiturrahman.

“Setelah shalat Isya tidak pernah meninggalkan masjid. Mereka beristirahat di sana sampai tengah malam,” ucap Barung.

Hingga sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, seorang warga setempat bertanya rombongan ini datang dan beristirahat di Masjid Baiturrahman tujuannya mau ke mana. MZ menjawab mau bertemu dengan kiai yang rumahnya berada di belakang Masjid Baiturrahman.

Warga tetap bertanya tujuannya mau bertemu dengan kiai yang dimaksud untuk apa. Namun, MZ tiba-tiba naik pitam dan memecahi kaca-kaca di sekitar masjid hingga mengalami luka-luka di bagian tangan dan kakinya.

“Saya rasa terjadi miskomunikasi antara warga setempat dengan MZ. Karena kiai yang dimaksud, belakangan mengaku kenal dengan pelaku perusakan masjid, yaitu sebagai salah satu jamaah yang pernah mengikuti pengajiannya. Namun, pengakuan kiai ini diperoleh setelah pelaku telah melakukan perusakan,” ujar Barung.

Dia memastikan pihaknya tetap akan memproses peristiwa pidana pengurasakan. Untuk itu kondisi kejiawaan pelaku masih sedang dalam pemeriksaan oleh tim dokter Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya.

“Terlalu dini untuk mengungkap motifnya, apalagi disangkutpautkan masalah politis yang diduga bertujuan merusak momen Pilkada. Biarlah tim dokter Rumah Sakit Bhayangkara bekerja untuk memeriksa kejiwaannya terlebih dahulu,” ucapnya. (Ant/SU02)

Komentar

BACA JUGA
Febri Diansyah

KPK Periksa Tujuh Saksi Kasus Bupati Kebumen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tujuh saksi dalam penyidikan terkait tindak pidana korupsi suap pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kebumen...
Taufik Kurniawan

DPR Puji Keputusan Pembatalan Plt Gubernur dari Polri

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan memuji keputusan Menteri Koodinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto yang membatalkan usulan pejabat gubernur Sumatera Utara...

Bhayangkara FC Berharap LIB Segera Lunasi Utang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juara GoJek Traveloka Liga 1 Bhayangkara FC berharap PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera melunasi utang-utangnya kepada semua klub peserta Liga...

Bhayangkara FC Yakin Bermarkas di PTIK Mulai April

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juara GoJek Traveloka Liga 1 2017 Bhayangkara FC merasa yakin bisa bermarkas di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, di Liga...
Febri Diansyah

KPK Perpanjang Penahanan Tersangka Suap RAPBD Jambi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriono, tersangka suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah...
loading...
Al Battani

Penemu Kala Revolusi Bumi Ternyata Muslim

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari pada orbitnya. Revolusi bumi ini bisa terjadi akibat tarik menarik antara gaya gravitasi bumi dengan gaya gravitasi...
IMG-20180222-WA0084

PANWASLU KABUPATEN MESUJI RAKOOR TENTANG PENANGANAN PELANGGARAN PEMILU

Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018, Panwaslu Kabupaten Mesuji mengadakan Rapat Koordinasi dengan peserta Anggota Panwascam Divisi Penindakan dan Divisi SDMO serta 1...
Talonsong

Talonsong

Talonsong, sebuah kata dalam bahasa Minang, yang sering dituturkan ditengah masyarakatnya.  Talonsong, padanannya dalam bahasa indonesia yang tepat adalah terlanjur.  Jika talonsong,  maka semuanya...