Meski Ditetapkan Tersangka, Pelaku Penistaan Agama Belum Ditahan

1
157
palu hakim
Ilustrasi putusan pengadilan

KARAWANG – Polres Karawang tidak menahan mantan Direktur PT Tatar Kertabumi, Aking Saputra, meski telah menetapkan status tersangka terhadap Aking dalam kasus dugaan penistaan agama.

Untuk menahan seseorang dalam kasus tertentu, kata dia, diperlukan perhitungan yang matang. Pihaknya berjanji akan menangani kasus itu secara proporsional.

“Ya statusnya sudah tersangka, dan penyidikan masih terus berlanjut. Kita akan tuntaskan kasus ini secara proporsional,” kata Kapolres Karawang, AKBP Ade Ary Syam Indradi, usai menggelar jumpa pers di Mapolres Karawang, Senin (12/6).

Kasatreskrim Polres Karawang AKP Maradona Armin Mappaseng, sebelumnya mengaku telah mengajukan permohonan pencekalan Aking ke Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia atas keterlibatannya dalam kasus penistaan agama.

Surat permohonan pencekalan terhadap Aking Saputra disampaikan untuk mempermudah proses penyidikan. Sebab, tidak menutup kemungkinan Aking Saputra melarikan diri setelah mengetahui perkembangan penyidikan terkait kasus penistaan agama.

Dalam mengani kasus itu, penyidik Polres Karawang menyatakan akan menjerat Aking dengan 156 KUHP dan atau 156a KUHP serta pasal 45A ayat (2) jo pasal 28 ayat (2) Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Diberitakan sebelumnya, Aking Saputra, mantan Direktur PT. Tatar Kertabumi, sebuah perusahaan pengembang anak usaha PT Agung Podomoro Land itu dilaporkan menistakan agama Islam lewat komentarnya di Facebook.

Polres Karawang sendiri menangani kasus dugaan penistaan agama tersebut setelah mendapat laporan dari masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Karawang (FMK) dan Pemuda Nusantara (P’Na), beberapa waktu lalu.

Sesuai dengan laporan masyarakat itu, Aking dinilai menghina umat Islam dalam status media sosialnya.

“Kitab sucinya mengajarkan kebencian, makian, ancaman, siksa neraka pedih, pembunuhan, hukum potong tangan, hukum rajam sampai mati, hukum balas bunuh,” tulis Aking di Facebook saat itu.

Dalam status lainnya di akun Facebook-nya, Aking menulis “Apakah anak zaman sekarang tahu, bahwa banyak tokoh PKI adalah pemuka agama (tentunya mayoritas dari Islam)”. (IwanY)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...
becak-becak

Yogyakarta Kaji Tiga Desain Becak Alternatif

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan kajian desain becak alternatif dengan menyiapkan tiga tipe becak yang terdiri dari dua becak ramah lingkungan dan satu...