KPAI Datangi Polda Dampingi Kasus Penganiayaan Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendatangi Polda Metro Jaya guna mendampingi kasus dugaan penganiayaan anak berinisial B (8) yang diduga dilakukan pengasuhnya.

“Untuk mendalami kasus itu, KPAI akan mendatangi Polda Metro Jaya pada Senin (5/2) pukul 14.00 WIB,” kata Wakil Ketua Komisioner Bidang Pengasuhan KPAI Rita Pranawati di Jakarta, Senin (5/2).

Rita menjelaskan kejadian yang menimpa B merupakan persoalan pengalihan pengasuhan yang kerap terjadi di Indonesia.

Dijelaskan Rita, B mengalami tindakan kekerasan dari seseorang yang bukan keluarga sedarah karena bocah itu dititipkan ibunya yang bekerja di luar kota.

Rita mengungkapkan pengasuhan yang dialihkan kepada keluarga sedarah atau pihak lain nonlembaga perlu dicatat pada dinas sosial sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak.

“Selain itu, pengasuhan tersebut masuk kategori pengasuhan di luar lembaga (panti dan sejenisnya), perlu didampingi oleh lembaga asuhan keluarga,” ujar Rita.

Rita menyatakan pencatatan dan pendampingan itu untuk memastikan anak yang dialihkan pengasuhannga mendapatkan perlindungan.

Sebelumnya, rekaman video seorang anak berinisial B yang diduga dianiaya seseorang menyebar melalui media sosial.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menduga pelaku penganiayaan diduga lebih dari seorang.

“Informasi pelakunya tidak hanya satu,” tutur Argo.

Saat ini, petugas Polda Metro Jaya dibantu KPAI menelusuri keberadaan B guna mengungkap kasus pelaku penganiayaan. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Membangun Kembali Budaya Bahari

Penjajah meninggalkan perangkat pelanggengan penjajahan melalui persekolahan. Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Apakah ada Perda yang secara khusus disebut “Perda Syariah”, misalnya, Perda Provinsi Banten Nomor 10 Tahun 2018 tentang Syariah? Perda semacam itu tidak ada, dan belum pernah dijumpai di daerah manapun di tanah air kita ini. Demikian pula tentang Undang-Undang Syariah, adakah di negara kita ini? Sepanjang pengetahuan saya, UU seperti itu tidak ada.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER