Kasus Hukum Victor Laiskodat Berjalan lama, Inilah Alasan Kepolisian

0
175
Brigjen Pol Rikwanto
Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dugaan kasus pencemaran nama baik, fitnah dan penistaan yang dilakukan oleh ketua fraksi partai NasDem, Victor Laiskodat dalam pidato politiknya di Kupang pada 1 Agustus 2017 lalu, telah dilaporkan ke Mabes Polri oleh beberapa pihak.

Walau sudah berjalan hampir 4 bulan, namun hingga hari ini kasus tersebut belum beranjak dan dinaikkan statusnya oleh kepolisian.

Karena lamanya proses di kepolisian dan tidak ada kabar kelanjutan kasus tersebut, beredar berita bahwa penyidik Mabes Polri telah menghentikan penyelidikan kasus ini dengan menerbitkanĀ Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

Pihak kepolisian lewat Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto membantah adanya SPK3 tersebut.

“Beredarnya berita di media yang menyatakan kasus penistaan yang melibatkan saudara VL sudah dihentikan oleh penyidik Bareskrim, tidak benar,” kata Rikwanto di Jakarta, Kamis (23/11).

Rikwanto menjelaskan bahwa lamanya proses penyidikan perkara tersebut karena status Victor Laiskodat yang merupakan anggota DPR RI.

“Karena yang bersangkutan adalah anggota DPR sehingga perlu diuji oleh MKD apakah pernyataannya tersebut dalam kapasitas sebagai anggota DPR yang sedang menjalankan tugas sebagai wakil rakyat atau kapasitas sebagai pribadi,” ungkap Rikwanto.

Menurut Rikwanto, sebagai anggota DPR Victor Laiskodat memiliki immunitas sesuaiĀ pasal 224 ayat (1) dan (2) Undang Undang nomor 17 tahun 2014 tentang MD3.

Selain itu, lanjut Rikwanto, polisi masih memerlukan berbagai keterangan dari saksi ahli untuk menentukan apakah yang diucapkan Victor termasuk pidana atau tidak.

“Termasuk juga dari saksi ahli bahasa,” ujar Rikwanto.

Sebagaimana diketahui Victor Laiskodat telah dilaporkan ke Bareskrim oleh beberapa pihak karena diduga telah melakukan ujaran kebencian dan fitnah saat berpidato politik di Kupang pada 1 Agutus 2017 lalu. Namun hingga saat ini Victor masih melenggang bebas bahkan sama sekali belum diperiksa Polisi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU