Kapolres Aceh Imbau Warga Tidak Sebar Berita Hoax

ACEH, SERUJI.CO.ID – Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Andy Hermawan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak sembarangan memforward (sebar) berita hoax yang belum tentu kebenarannya.

“Berita-berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan jangan mudah diforward ke orang lain, karena dapat memecah-belah kesatuan dan persatuan bangsa,” katanya di Blangpidie, Kamis (12/4).

Kapolres Abdya menyampaikan imbauan tersebut karena mengingat selama ini berita hoax marak beredar di media sosial yang disebarkan oleh pihak-pihak tertentu untuk memprovokasi masyarakat.

Baik melalui media sosial facebook, WA, twitter maupun melalui media-media yang ada di jaringan internet lainnya.

“Bila ada yang menerima akan suatu berita di media sosial, jangan langsung sebar, karena belum tentu kebenarannya. Sebelum diforward harus dikaji dulu atau tanya pada yang memang berkopeten, supaya tidak merugikan pihak lain,” tegasnya.

Andy mensinyalir di Kabupaten Abdya ada pihak-pihak tertentu yang ingin memecah belah masyarakat melalui berita hoax di media sosial, dan upaya tersebut harus dilawan karena dapat mengganggu stabilitas keamanan di tengah-tengah masyarakat.

“Saya bersyukur, karena seluruh lapisan masyarakat pasti menolak berita-berita hoax yang tidak pasti kebenarannya. Warga harus mengklarifikasi atau menanyakan pada yang berkopeten. Itu yang terbaik supaya berimbang,” ujarnya.

Kapolres juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak menyebarkan isu kebencian dan saran yang dapat merugikan pihak lain di media sosial, karena perbuatan tersebut bisa dipidana sebagaimana hukum yang berlaku di Indonesia.

“Saya tegaskan, barang siapa saja yang membuat berita hoak di facebook atau melalui apapun itu bisa dipidana melalui Undang-Undang Informasi Transaksi Elekronik. Ada pasal yang menjerat, baik sipembuat maupun yang meneruskannya,” tegasnya.

Terlepas dari itu masyarakat juga diminta untuk tidak berkomentar yang dapat memancing emosi, dan merugikan pihak lain. Kata-kata caki maki penuh kesombongan di media sosial harus dihindari agar hubungan harmonis sesama warga bisa terjaga sepanjang masa. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER