Kapal Buronan Interpol Berhasil Ditangkap Lanal Sabang

SABANG, SERUJI.CO.ID – Kapal Angkatan Laut (KAL) Simeulue dibawah koordinasi TNI-AL Lanal Sabang, Provinsi Aceh menangkap kapal bernama Andrey Dolgov, yang menjadi buronan International Police (Interpol) di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, Jumat (6/4) siang.

Informasi yang dihimpun pers di Sabang dari sumber terpercaya, Sabtu (7/4) menyatakan, kapal Andrey Dolgov berbendera Togo (Afika) ditangkap Kal Simeulue saat melintasi ZEE teritorial Indonesia atau sebelah timur Pulau Rondo, Kota Sabang.

“Kapal Andrey Dolgov itu buruan Interpol dan ditangkap Kal Simeulue yang dipimpin oleh Letda Eko Herianto di koordinat Lintang 5.41-56.21, Bujur 93.54-51.93 atau di Samudera Hindia paling barat Aceh, teritorial Indonesia,” kata sumber tadi.

Dia menjelaskan, kapal Andrey Dolgov, STS-50 dan IMO 8514772 yang dinahkodai Matveev Alesandr warga Negara Rusia dan jumlah anak buah kapal (ABK) keseluruhan 30 orang, 20 diantaranya Warga Negara Indonesia (WNI) dan 10 lainnya warga negara asing (WNA).

“Kapal Andrey Dolgov tidak ada dokumen apapun, ABK-nya juga tidak punya paspor,” ujarnya.

Kapal Andrey Dolgov berbendera Togo, 378 gross tonage (GT) terdaftar sebagai kapal tangkapan ikan dan diduga melakukan perdagangan manusia.

Kemudian, kapal tersebut diketahui pernah ditangkap oleh pihak otoritas Pemerintah Republik China pada 2017, dan awal 2018 juga pernah ditangkap oleh Pemerintah Mozambik (Afrika).

Kapal buruan Interpol tersebut sekarang sandar di Pangkalan Dermaga Lanal Sabang, Provinsi paling ujung barat Indonesia.

“Nanti pukul 14.30 WIB ada konferensi pers oleh Panglima Armada Barat,” kata Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER