Hilangkan Barang Bukti, Oknum Koruptor Bakar Gudang Arsip BKD

0
135
Kebakaran
Petugas pemadam kebakaran beraksi (ilustrasi)

WAMENA, SERUJI.CO.ID – Polres Jayawijaya, Provinsi Papua menduga Gudang Arsip Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Jayawijaya sengaja dibakar oleh oknum koruptor yang berusaha menghilangkan bukti-bukti yang berkaitan dengan pelanggarannya.

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (2/6), mengatakan dari hasil penyelidikan, kebakaran bukan karena arus pendek listrik atau korsleting listrik.

“Hanya dua modus yang dipakai (untuk menghindar dari jeratan hukum) misalnya kalau mau ada pemeriksaan dari KPK atau BPK pasti ada kebakaran. Modus lain adalah berkaitan dengan situasi politik pilkada, kemudian pertanggungjawaban keuangan dan lain-lain. Tidak menutup kemungkinan orang di dalam yang melakukan atau ada yang disuruh,” katanya.

Sebelum terjadi kebakaran, anggota DPRD setempat dalam rapat paripurna mereka menanyakan dan membahas tentang retribusi pajak di sejumlah pasar yang tidak maksimal.

“Pada siang harinya (sebelum kebakaran) ada juga rapat dari keuangan yang membahas tentang rencana lelang infrastruktur yang sampai saat ini oleh bupati belum jalan, sehingga ada kaitan-kaitan ke sana (kaitan dengan kebakaran),” katanya.

Tiga orang yang sudah diperiksa oleh kepolisian adalah dua anggota Satpol PP dan satu orang pegawai honorer yang ditugaskan untuk menjaga gudang arsip tersebut.

“Namun kita masih menunggu saksi ahli dari PLN maupun dari forensik kita yang bisa mengecek secara jelas api kebakaran disebabkan karena korsleting atau sengaja dibakar,” katanya.

Pembakaran arsip merupakan satu cara ampuh yang digunakan untuk menghilangkan bukti-bukti kejahatan seperti korupsi serta perilaku pelayanan curang lainnya.

“Itu arsip pertanggungjawaban, jadi kalau dibakar, kita (penegak hukum) sudah tidak ada pertanyaan lain lagi,” katanya. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Mini Bus Tabrak Warung, 1 Tewas di Tempat

LANGKAT, SERUJI.CO.ID -  Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan lintas Sumatera dari Aceh menuju Medan, Sumatera Utara, mobil mini bus berpenumpang menabrak bengkel dan warung...

Tim Gabungan Kembali Temukan Jenazah Penumpang KM Sinar Bangun

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan kembali menemukan tiga jenazah penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Kepala Badan Penanggulangan Bencana...
Mochamad Iriawan

Komjen Iriawan Minta KPU Jamin Hak Pemilih

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen M Iriawan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat dan KPU kabupaten/kota menjamin hak pemilih...

Tingkat Kecelakaan Arus Mudik di Jabar Turun

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan tingkat kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Jawa Barat mengalami penurunan...
Mochamad Iriawan

Jadi Pj Gubernur Jabar, Komjen Iriawan: Saya Akan Netral

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Komisaris Jenderal (Komjen) Pol M Iriawan meminta masyarakat tidak perlu ragu terkait penunjukan dirinya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat oleh Presiden...