BI Kumpulkan Pimpinan Bank Terkait Pembobolan Rekening

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan perbankan di daerah ini sehubungan dengan kejadian pembobolan rekening nasabah melalui skimming di beberapa daerah akhir-akhir ini.

Kepala BI Sultra, Minot Purwahono di Kendari, Jumat (16/3), mengatakan agenda pertemuan hari ini adalah untuk memperoleh kesamaan persepsi terkait kejadian pembobolan rekening melalui skimming di beberapa daerah di tanah air.

“Yang pasti bahwa, hingga saat ini belum ada kejadian pembobolan rekening bank milik nasabah,” kata Minot kepada sejumlah wartawan usai melakukan rapat dengan perbankan.

Ia mengatakan, hasil pertemuan dengan seluruh pimpinan perbankan di kantor BI di antaranya bahwa seluruh perbankan telah melakukan pengecekan/pemeriksaan mesin ATM yg digunakan nasabah dan hasilnya masih tergolong aman dan tak ada masalah.

Poin lain dari hasil pertemuan itu adalah, Perbankan memberi edukasi kepada nasabah untuk menjaga kerahasiaan data pribadi terkait alat transaksi, kemudian semua ATM dilengkapi CCTV dan bank memiliki data transaksi individu yg lengkap.

“Jadi sampai hari ini khususnya di Kota Kendari belum ada komplain perihal kejahatan pembobolan rekening,” ujaranya seraya mengimbau nasabah untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang berkembang.

Ia mengatakan, modus pencurian data nasabah yang terjadi di beberapa daerah itu bisa juga dilakukan melalui telepon dengan mengatasnamakan pihak perbankan, dan yang pasti bahwa pihak bank tidak pernah meminta data pribadi nasabah melalui telepon.

“Sampai saat ini tidak ada penarikan dana secara besar-besaran di Bank Rakyat Indonesia. Bahwasanya adalah, yang terjadi adalah praktik kejahatan yang bisa dialami pada bank manapun (tidak hanya BRI, red),” tuturnya.

Sementar itu Pimpinan BRI Cabang Sultra, Jeremia yang ikut dalam pertemuan itu mengatakan, terkait adanya pembobolon rekening tersebut, semuanya sudah mendapat pergantian dari BRI dimana kejadian itu terjadi.

“Syukurlah nasabah di Kendari sejauh ini belum ada yang melaporkan seperti itu,” katanya seraya menjelaskan bahwa dari kasus tersebut BRI mendapat 33 laporan dari seluruh Indonesia dan semua sudah tertangani dengan mengganti kerugian para nasabah.

Namun sejauh ini, kata Kepala BI Kendari, apalabila masyarakat merasa dirugikan oleh perbankan maka dapat menghubungi masing-masing bank. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.