Bank Mandiri Imbau Nasabah Waspadai Praktik ‘Skimming’ di ATM

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID – Bank Mandiri menghimbau nasabahnya agar tetap waspada dengan terungkapnya praktik ‘Skimming’ atau tindakan pengkloningan data nasabah di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terjadi pada bank BUMN lainnya.

“Kami imbau agar nasabah tetap waspada. Meski security data Bank Mandiri sangat baik akan tetapi akan lebih baik bila nasabah tetap mewaspadai itu,” sebut Retail Founding Head Bank Mandiri Regional XI Sulawesi Maluku, Poster Simbolon di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (16/3).

Menurutnya, pengamanan dan keamanan nasabah Mandiri sangat dilindungi dan diproteksi semaksimal mungkin, sehingga data nasabah akan terlindungi secara baik. Selain itu, Bank Mandiri juga menjamin dan menjaga data nasabah agar tetap aman.

Selain itu, nasabah juga diwajibkan dalam melakukan transaksi di setiap ATM menggunakan pin sebanyak dua kali, yakni saat masuk maupun ketika menarik atau menyetorkan uang di ATM.

“Pin ataupun password nasabah kan yang mengetahui dirinya sendiri, lagipula setiap transaksi mesti memasukkan pin dua kali. Inilah salah satu proteksi kami kepada nasabah. Kalaupun itu terjadi berarti kelalaian nasabah itu sendiri, bisa saja memberikan nomor pin ke orang lain,” ujarnya.

Kendati demikian, sangat mustahil pelaku skimming mengambil data bila digesek atau menarik uang di ATM baik itu menggunakan kartu kredit maupun debet bila tidak mengetahui data ataupun pin nasabah bersangkutan.

Tidak hanya itu, pihaknya menghimbau kepada nasabah Bank Mandiri tidak sembarangan membeli atau berbelanja kebutuhan di toko berbasis daring (online) tanpa ada kejelasan serta status toko tersebut terdaftar dan sudah legal, mengingat ada beberapa kasus terjadi penipuan.

“Tidak usah takut berbelanja di toko online asalkan tokonya legal, kalau di tempat sembarang belanja dengan harga tidak wajar tentu resikonya cukup besar, selain kena tipu bisa saja data nasabah diambil pelaku. Untuk itu ditekankan agar tetap waspada,” tambahnya.

Mengenai dengan penipuan melalui data nomor telepon nasabah, lanjut Poster kembali mengingatkan agar nasabah tidak sembarang memberikan nomor telepon saat bertransaksi, sebab nomor telepon sekarang sudah menjadi bagian dari data penting nasabah.

“Jelasnya seluruh data nasabah kami amankan, kalaupun itu keluar tentu disanksi berat. Bila ada orang yang tidak dikenal menelepon, sebaiknya nasabah waspada, tidak perlu diladeni agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingikan,” tambahnya.

Sebelumnya, praktik Skimming dialami belasan dana nasabah yang tersimpan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Kediri Jawa Timur secara mendadak hilang bahkan saldonya berkurang antara Rp500 ribu-Rp4 juta bahkan ada mencapai Rp10 juta.

Baca juga: BRI Janji Ganti Dana Nasabah Korban “Skimming” Kartu ATM

Kendati demikian pihak bank telah mengganti uang nasabah yang raib dicuri pelaku Skimming. Meski terjadi peristiwa itu, stabilitas perbankan tetap berjalan normal. Selain itu tim dari BRI setempat melakukan patroli pada semua ATM di Kediri untuk mengantisipasi hal berulang.

Praktik Skimming dilakukan orang ahli dan ini merupakan tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER