49 Paket Ganja Ditemukan di Lapas Curup

REJANG LEBONG, SERUJI.CO.ID – Razia barang terlarang di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Curup Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Senin malam (16/4) berhasil menemukan 49 paket ganja kering dan puluhan unit telepon genggam Kepala Lapas Kelas II A Curup, Akhmad Faedhoni di Rejang Lebong, Selasa (17/4), mengatakan razia barang terlarang yang dibawa warga binaan (napi) dan tahanan tersebut menemukan 49 paket ganja kering siap edar, dan 60 unit HP, dan barang lainnya.

“Razia yang digelar ini dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan 2018. Razia yang dilaksanakan Senin malam dimulai sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB melibatkan 90 personel Lapas Curup dibantu personel Satuan Intelkam dan Satnarkoba Polres Rejang Lebong,” katanya.

Ada pun ganja kering yang ditemukan petugas itu tersimpan di luar sel tahanan tepatnya di blok pidana umum antara blok D dan E. Ganja kering ini tersimpan di bawah pot bunga antara kedua blok itu.

Selain menemukan 49 paket ganja kering dan 60 unit HP dalam kondisi hidup dan ada yang rusak, kata dia, ditemukan juga puluhan barang terlarang lainnya seperti headseat, gergaji kayu, gergaji besi, alat hisap sabu-sabu atau bong yang dibuat dari botol air mineral, terminal listrik, kabel, gelas kaca, dan barang-barang lainya yang tidak boleh dibawa ke dalam lapas.

Sementara itu untuk temuan ganja di dalam lapas yang dipimpinnya itu, kata Akhmad, sudah diserahkan kepada Satuan Narkoba Polres Rejang Lebong pada malam usai razia itu dilaksanakan.

Pihaknya masih akan melakukan pengusutan kemungkinan keterlibatan oknum petugas lapas sehingga barang-barang terlarang ini bisa masuk dan beredar di dalam lapas, mengingat pengawasan orang dan barang yang dibawa pengunjung sudah dilakukan secara ketat di pintu masuk baik oleh petugas maupun penggunaan peralatan canggih.

“Warga binaan ini sebelum razia sudah kami beritahukan agar menyerahkan barang-barang terlarang yang mereka simpan, karena jika ditemukan akan disita untuk dimusnahkan. Barang-barang itu ditemukan petugas disimpan didalam selimut, kasur, dan lainnya bukan melekat di badan mereka,” ujarnya.

Ratusan barang-barang terlarang yang dibawa warga binaan dan tahanan itu, katanya, akan dimusnahkan pada hari puncak peringatan Hari Bakti Ppemasyarakatan Tingkat Provinsi Bengkulu yang akan dipusatkan di Lapas Kelas II A Curup pada 27 April 2018. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Orang-Orang Merdeka

Sejak media menjadi industri, informasi dan berita harus tunduk pada kepentingan pemilik modal, dan erubahlan wartawan hanya sebagai alat produksi semata

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.