Sri Sultan Soroti Korupsi yang Sistemik dan Permisif

YOGYAKARTA – Semaraknya korupsi yang tiada henti membuat keprihatinan banyak pihak. Meski aparat hukum, mulai KPK, Kejaksaan dan Kepolisian terus bergerak, ternyata pergerakannya terkalahkan oleh perilaku korupsi yang lebih cepat langkahnya.

“Pertunjukan” yang menyesakkan dada rakyat, tatkala satu persatu pejabat ditangkap. Meski itu belum tentu menggambarkan keadaan yang sesungguhnya. Karena yang terjadi sebenarnya melebihi yang diperlihatkan. Masyarakat masih menunggu keadilan penegakan hukum, bukan hanya menjadi wacana dari tahun ke tahun.

Sri Sultan Hamengku Buwono X misalnya, adalah salah seorang tokoh yang sangat gelisah melihat perkembangan korupsi.

Korupsi di tanah air in, tegas Sultan,  sudah menjadi fenomena karena semakin meluas dan merambah dimensi yang ada. Untuk itu perlu perhatian yang lebih serius demi keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Terlepas dari kuantitas dan kualitas, ternyata instrumen normatif yang telah ada belum cukup mampu memberantas korupsi secara tuntas.

” Permasalahan utama pemberantasan korupsi berhubungan erat dengan integritas, sikap dan perilaku. Struktur maupun sistem konflik yang ada menimbulkan pola perilaku yang sistemik dan permisif,” tegas Sultan di sela-sela pisah sambut Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DIY dari Tony Tribagus Spontana kepada Sri Harijati Puji Lestari di Bangsal Kepatihan, Selasa malam (28/2).

EDITOR: Yus Arza

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.