Rekan Auditor BPK Curiga Akan Ditangkap KPK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –  Apriyadi Malik alias Yaya yang merupakan rekan dari auditor utama Keuangan Negara III BPK Rochmadi Saptogiri mengaku sudah curiga akan ada penangkapan KPK terhadap Rochmadi dan anak buahnya yang juga auditor BPK Ali Sadli.

“Jadi saat Ali tertangkap, saya katakan ke Yudi, bahwa ada 6 orang atau 7 orang yang mendekati kita, itu mungkin orang KPK, saya katakan begitu. Itu hanya ‘feeling’ saja,” kata Yaya dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (10/1).

Yaya bersaksi untuk Rochmadi Saptogiri yang menjadi tersangka kasus penerimaan suap Rp 240 juta terkait audit laporan keuangan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), penerimaan gratifikasi sebesar Rp 3,5 miliar serta tindak pidana pencucian uang aktif dan pasif.

Yudi yang dimaksud adalah Yudi Ayodya, auditor BPK yang merupakan anak buah Rochmadi dan Ali Sadli. Rochmadi dan Ali Sadli diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada 26 Mei 2017.

“Tapi dalam rekaman pembicaraan ini saudara menyebutkan ‘Dia tuh sebenarnya mau ngincer Rochmadi’, itu maksudnya apa?” tanya jaksa KPK Takdir Suhan kepada Yudi Ayodya yang juga menjadi saksi dalam perkara tersebut.

“Jadi kan sebelum ini ada yang hampir OTT itu Pak, saya diceritakan. Katanya hampir OTT waktu itu di yang Pak Triantoro (auditor BPK), ya Pak,” ungkap Yudi.

Yudi mengaku mendengar “rencana” OTT itu di kantornya.

Terkait sadapan rekaman pembicaraan mengenai “Pak Rochmadi kontak-kontakan dengan Pak Ali”, Yudi mengaku ia hanya berpikir bahwa keduanya berada di tim yang sama karena sama-sama di-OTT.

“Pemikiran saya pak, kan pak Yaya tanya kan ada KPK di situ, jadi saya berpikir di situ, mungkin karena kontak-kontakan sama Pak Rochmadi. Mungkin soal Irjen (Kemendes) Pak Sugito waktu itu di situ. Pembicaraan ini kan setelah Pak Ali ketangkep, kami coba berpikiran saja pak, mungkin karena WTP,” ungkap Yudi.

Dalam sidang yang sama terungkap Yudi dan Yaya berusaha memindahkan mobil-mobil yang berada di rumah Ali Sadli dan 1 mobil yang berada di penguasaan Rochmadi yang diduga untuk menghilangkan barang bukti keterlibatan Rochmadi dan Ali Sadli.

Berikut pembicaraan antara Apriyadi Malik alias Yaya dengan Yudi Ayodya setelah OTT pada 26 Mei 2017.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ruang Publik yang Manusiawi bersama Pancasila

Indeks dalam konteks ini telah berhasil mengucapkan sayonara pada ide sekularisme.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER