Polda Belum Siapkan Jawaban Gugatan Praperadilan Kasus UMRAH

0
108
Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang (UMRAH) (foto: istimewa)

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Daerah Kepulauan Riau belum menyiapkan jawaban atas gugatan praperadilan yang diajukan tersangka korupsi proyek program integrasi sistem akademik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, HS melalui kuasa hukumnya Cholderia Sitinjak.

Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Jumat, Hakim Iriaty Khairul Ummah memutuskan Polda Kepri harus memberi jawaban atas keberatan yang disampaikan kuasa hukum HS pada Senin (15/1).

“Kita diberi batas waktu selama tujuh hari untuk menyelesaikan perkara ini, karena harus memanfaatkan waktu ini secara efisien. Tadinya saya berharap pihak Polda Kepri sudah menyiapkan jawaban,” ujar Iriaty.

Pada sidang praperadilan kedua tersebut, Iriaty juga meminta kuasa hukum HS menyiapkan tanggapan dari jawaban Polda Kepri pada Senin sore pekan depan. Namun Cholderia belum mengaminkannya, karena harus mendengar jawaban Polda Kepri terlebih dulu.

Iriaty berharap semua pihak memanfaatkan waktu sebaik mungkin sehingga sidang dengan agenda pembuktian dan keterangan saksi dapat disampaikan pada Selasa dan Rabu pekan depan.

Kuasa hukum HS maupun Polda Kepri menerimanya.

Iriaty menegaskan, dalam perkara ini yang penting pembuktian.

“Senin pekan depan itu saya tangani lima perkara korupsi. Saya berharap seluruhnya dapat dijalankan dengan baik, dan tidak ada isu miring bahwa ada upaya untuk menghambat pembuktian salah satu pihak dalam perkara praperadilan,” tegasnya.

Pada Jumat (12/1) pagi, Kejati Kepri melimpahkan berkas perkara hasil penyidikan kasus itu kepada Pengadilan Tipikor Tanjungpinang untuk mengejar waktu 20 hari penyidikan.

“Ini tidak ada hubungannya dengan perkara praperadilan, melainkan murni diburu waktu. Kalau sampai Senin tidak dilimpahkan ke pengadilan, tersangka kasus ini dapat dibebaskan,” kata seorang jaksa di PN Tanjungpinang yang enggan namanya dipublikasikan.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...