LPSK: Pelapor Kasus Korupsi Harus Dipermudah dan Dilindungi

0
43
lpsk

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Semendawai menyatakan bahwa setiap orang yang memiliki informasi mengenai penyimpangan atau dugaan korupsi dan berniat melaporkannya, sudah selayaknya dipermudah dan identitasnya dilindungi.

“Pelapor harus dijauhkan dari ancaman pelaporan balik atau bentuk-bentuk intimidasi lainnya,” ucap Haris dalam acara peluncuran sistem pelaporan dalam jaringan “Terintegrasi Antar Sistem (Tegas)” di kantor LPSK Jakarta, Rabu (27/9).

Haris juga menyampaikan bahwa sistem “Tegas” dapat menjadi jalan pintas bagi pelapor sehingga tidak perlu merasa terbebani saat melaporkan kecurangan atau potensi korupsi yang dia ketahui.

Sistem dalam jaringan “Tegas” dikatakan Haris juga harus diikuti upaya untuk menciptakan suatu kondisi dimana pelapor yakin laporannya tidak akan menimbulkan risiko bagi dirinya sendiri.

“Dalam memberantas korupsi, partisipasi masyarakat sangat berperan, oleh sebab itu harus ada komitmen bersama agar tidak ada dampak bagi pelapor,” ujar Haris.

Instruksi Presiden Nomor 10 tahun 2016 dan 2017 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi menjadi panduan dasar LPSK meluncurkan sistem pelaporan dalam jaringan “Tegas”.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Informasi dan Data KPK Harry Budiarto mengungkapkan, pemerintah sudah mengeluarkan dua inpres terkait pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Terkait dengan sistem pelaporan dalam jaringan “Tegas”, Harry kembali mengingatkan para pengelola sistem dalam jaringan “Tegas” di tiap kementerian supaya data pelapor tidak bocor, karena data tersebut menyangkut keselamatan pelapor.

Sistem dalam jaringan “Tegas” ini dikatakan Haris telah terintegrasi dengan 17 kementerian atau lembaga dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Peringati Hari Kartini, Gus Ipul Persembahkan Puisi untuk Perempuan Jawa Timur

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tak lupa menyampaikan semangat Kartini pada peringatan hari Kartini, Sabtu...

Polda Babel Ringkus Tiga Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID - Tim Cobra Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung meringkus tiga pelaku penyalahgunaan narkoba yang beroperasi di wilayah itu. "Tiga pelaku masing-masing...

Korban Tewas Terlihat Berpesta Dua Malam

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Tiga korban yang pada Ahad (22/4), meninggal dunia di Surabaya terlihat menggelar pesta minuman keras selama dua malam sebelum kematiannya, kata...

Oknum BNN Langsa Ditangkap Terkait Sabu-Sabu

LANGSA, SERUJI.CO.ID - Dua oknum polisi yang bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa, Propinsi Aceh ditangkap personel Provos Polres setempat, atas dugaan...
Korban tewas miras

Polisi Temukan 2 Botol Yang Diduga Milik Korban Tewas Miras Oplosan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Polisi dari Polsek Tambaksari menemukan dua botol kemasan plastik yang didua sebelumnya berisi minuman keras (miras) oplosan yang menewaskan tiga korban...