Korupsi Hibah Kelompok Ternak di Jember Dilimpahkan ke JPU

0
5
Penggelapan dana
Korupsi atau penggelapan dana. (Ilustrasi)

JEMBER, SERUJI.CO.ID – Kasus korupsi dana hibah kelompok ternak di Kabupaten Jember yang menetapkan Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni sebagai tersangka dilimpahkan dari jaksa penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Kasus dugaan korupsi yang menetapkan Ketua DPRD Jember sebagai tersangka memasuki tahap dua, yakni dari jaksa penyidik dilimpahkan ke JPU sekaligus barang buktinya,” kata Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jember Hardian Rahardi di Jember, Selasa (15/5).

Menurutnya berdasarkan perhitungan auditor BPKP perwakilan Jawa Timur disebutkan kerugian yang disebabkan perbuatan tersangka sebesar Rp1.045.000.000 dan pihak Kejari juga mengamankan sejumlah barang bukti.

“Hewan ternak yang berhasil diamankan dari peternak 13 ekor sapi dan enam ekor kambing yang disita sebagai barang bukti untuk mengurangi kerugian keuangan negara,” tuturnya.

Ia mengatakan tersangka diduga menyalahgunakan kewenangannya selaku anggota dewan dan meminta tim anggaran Pemkab Jember untuk memberikan hibah ke beberapa kelompok ternak dari usulan anggota dewan.

“Beradasarkan hasil penelusuran, bantuan tersebut diberikan pada pihak-pihak yang tidak berhak atau tidak tepat sasaran, sehingga berbeda dengan pengajuan proposal,” katanya.

Dana hibah tersebut kemudian diberikan bukan pada kelompok ternak, tetapi pada perorangan dan penyerahanya melalui pihak ketiga, dan ditemukan indikasi pemotongan, sehingga terjadi kerugian negara.

“Setelah ini, dalam 20 hari ke depan kami menyiapkan dakwaan untuk melanjutkan proses pelimpahan dari Kejari ke Pengadilan Tipikor Surabaya,” ujarnya.

Kejari Jember menetapkan Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni sebagai tersangka kasus korupsi dana hibah kelompok ternak tahun 2015 sebesar Rp33 miliar. Kejari juga melakukan penahanan badan terhadap politikus Partai Gerindra tersebut pada pertengahan Februari 2018. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Bencana Tanah Longsor di China, 5 Tewas

BEIJING, SERUJI.CO.ID - Bencana tanah longsor di Kota Chongqing, China, Ahad (20/5), merenggut lima nyawa warga dan melukai seorang. Pemerintah Kota Chongqing mengatakan bahwa lima korban...
tewas

Seorang Warga Aceh Tewas Tertimpa Pohon

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID - Seorang warga di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, diketahui tewas dalam kondisi tertindih reruntuhan bangunan dapur yang ringsek tertimpa pohon yang...
bus

Dishub Bantul Siapkan Ratusan Armada Angkutan Mudik

BANTUL, SERUJI.CO.ID - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 210 armada untuk angkutan pemudik atau warga yang pulang kampung ke daerah itu...

Letusan Freatik Merapi, Desa Kaliurang Alami Hujan Abu

MAGELANG, SERUJI.CO.ID - Kawasan Desa Kaliurang, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terjadi hujan abu setelah letusan freatik kecil atau embusan dari Gunung Merapi pada...

Barca Menang Atas Sociedad pada Pertandingan Perpisahan Iniesta

BARCELONA, SERUJI.CO.ID - Tim juara Liga Spanyol Barcelona mengakhiri musim dengan kemenangan 1-0 atas tamunya Real Sociedad pada Ahad (20/5), berkat gol sensasional dari...