Korupsi Hibah Kelompok Ternak di Jember Dilimpahkan ke JPU

0
16
Penggelapan dana
Korupsi atau penggelapan dana. (Ilustrasi)

JEMBER, SERUJI.CO.ID – Kasus korupsi dana hibah kelompok ternak di Kabupaten Jember yang menetapkan Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni sebagai tersangka dilimpahkan dari jaksa penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Kasus dugaan korupsi yang menetapkan Ketua DPRD Jember sebagai tersangka memasuki tahap dua, yakni dari jaksa penyidik dilimpahkan ke JPU sekaligus barang buktinya,” kata Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jember Hardian Rahardi di Jember, Selasa (15/5).

Menurutnya berdasarkan perhitungan auditor BPKP perwakilan Jawa Timur disebutkan kerugian yang disebabkan perbuatan tersangka sebesar Rp1.045.000.000 dan pihak Kejari juga mengamankan sejumlah barang bukti.

“Hewan ternak yang berhasil diamankan dari peternak 13 ekor sapi dan enam ekor kambing yang disita sebagai barang bukti untuk mengurangi kerugian keuangan negara,” tuturnya.

Ia mengatakan tersangka diduga menyalahgunakan kewenangannya selaku anggota dewan dan meminta tim anggaran Pemkab Jember untuk memberikan hibah ke beberapa kelompok ternak dari usulan anggota dewan.

“Beradasarkan hasil penelusuran, bantuan tersebut diberikan pada pihak-pihak yang tidak berhak atau tidak tepat sasaran, sehingga berbeda dengan pengajuan proposal,” katanya.

Dana hibah tersebut kemudian diberikan bukan pada kelompok ternak, tetapi pada perorangan dan penyerahanya melalui pihak ketiga, dan ditemukan indikasi pemotongan, sehingga terjadi kerugian negara.

“Setelah ini, dalam 20 hari ke depan kami menyiapkan dakwaan untuk melanjutkan proses pelimpahan dari Kejari ke Pengadilan Tipikor Surabaya,” ujarnya.

Kejari Jember menetapkan Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni sebagai tersangka kasus korupsi dana hibah kelompok ternak tahun 2015 sebesar Rp33 miliar. Kejari juga melakukan penahanan badan terhadap politikus Partai Gerindra tersebut pada pertengahan Februari 2018. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...