Ketua DPRD Banjarmasin Iwan Rumali Resmi Diberhentikan

0
90
Iwan Rusmali
Iwan Rusmali

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID – Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali yang tersandung kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK dalam dugaan terlibat suap persetujuan penetapan Perda penanaman modal PDAM Bandarmasih Rp 50,5 miliar, resmi diberhentikan.

Pemberhentian Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2014-2019 tersebut diputuskan dalam rapat paripurna DPRD Kota Banjarmasin yang digelar pada Jumat malam (6/10).

Bersamaan itu, rapat paripurna internal yang dihadiri sebanyak 29 anggota dari 45 anggota DPRD Banjarmasin tersebut menyampaikan pengangkatan calon Ketua DPRD Banjarmasin penggantinya Hj Ananda atas usul partai politiknya, yakni Partai Golongan Karya (Golkar).

“Setelah siang tadi kita rapatkan di Badan Musyawarah (Banmus), karena sudah ada surat dari fraksi Golkar atas pemberhentian dan pengangkatan Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2014-2019, maka kita paripurnakan malam ini,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Suprayogi usai rapat paripurna.

Menurut politisi PDIP itu, atas usulan partai Golkar karena kadernya yang menjabat Ketua DPRD Kota Banjarmasin berhalangan, yakni, tersangka dan ditahan di KPK, maka ditetapkan lah hal itu.

“Intinya rapat paripurna ini proses pemberhentian Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, tidak memberhentikan sebagai anggota DPRD,” tegasnya.

Menurut dia, dengan diberhentikannya sebagai Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Iwan Rusmali otomatis sebagai anggota DPRD biasa.

“Masalah memberhentikan jadi anggota DPRD itu hak partainya,” terangnya.

Dia menyatakan, hasil rapat paripurna ini akan disampaikan ke Wali Kota Banjarmasin dan diteruskan ke Gubernur Kalsel untuk ditetapkan dan mengangkat penggantinya sesuai usulan Hj Ananda yang saat ini menjabat anggota komisi II.

“Jadi masalah kapan ditetapkannya Ketua DPRD Kota Banjarmasin selanjutnya, menunggu surat penetapan gubernur,” ucap Suprayogi.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bersama Gerindra dan PKS, Nasdem Dukung Angket Pj Gubernur Jabar Yang Digulirkan Demokrat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai NasDem mendukung digulirkan Hak Angket untuk menyelidiki kebijakan pemerintah yang mengangkat Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...