Kejati Jambi Tahan Mantan Bupati Sarolangun

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi secara resmi menahan dua tersangka kasus dugaan korupsi pembebasan lahan pembangunan perumahan PNS di Kabupaten Sarolangun, salah satunya mantan Bupati Sarolangun, Madel.

“Hari ini tim menetapkan dua tersangka, yakni H Madel mantan Bupati Sarolangun dan Joko Susilo mantan ketua koperasi Pemkasa,” kata Kasi Penyidikan Kejati Jambi Imran Yusuf, Senin (16/4).

Dalam kasus dugaan korupsi pembebasan lahan untuk perumahan PNS di Sarolangun tahun 2005 itu negara dirugikan Rp12,09 miliar, kata Imran.

Mantan Bupati Sarolangun Madel dan Joko Susilo langsung ditahan penyidik Kejati setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif oleh tim penyidik Kejati Jambi sejak pukul 10.00 hingga 14.00 WIB, Menurut Imran, kedua tersangka ditahan selama 20 hari ke depan dan mereka berdua dititipkan di Lapas Kelas IIA Kota Jambi.

Sementara itu saksi Ferry Nursanti mangkir dari pemanggilan tim penyidik Kejati Jambi. Kejati akan kembali memanggil Ferry Nursanti guna dimintai keterangan.

Kasus ini menyeret sejumlah nama, yakni Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Hasan Basri Harun, Ade Lesmana Syuhada dan Ferry Nursanti selaku rekanan.

Status tersangka Ferry Nursanti sebelumnya sempat dibatalkan melalui praperadilan. Namun, Kejati Jambi kembali menetapkan Ferry sebagai tersangka.

Kasus perumahan PNS Sarolangun merupakan pembangunan rumah 600 unit sesuai perencanaan. Namun, yang terealisasi hanya 60 rumah.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga menemukan adanya dugaan korupsi pada pelepasan hak atas aset berupa tanah milik Pemerintah Kabupaten Sarolangun seluas 241.870 meter persegi dengan nilai Rp12,09 miliar pada 2005. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER