Kejari Situbondo Tahan Kades dan PNS Korupsi

SITUBONDO, SERUJI.CO.ID – Kejaksaan Negeri Situbondo, Jawa Timur menahan seorang kepala desa (kades) dan seorang oknum pegawai negeri sipil (PNS) guru karena diduga terlibat kasus dugaan korupsi penyelewengan tanah kas desa.

Kedua tersangka kasus dugaan penyelewengan tanah kas desa (TKD) Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih ini yaitu Kepala Desa Sumberejo inisial SJ dan tersangka lainnya oknum PNS guru inisial IG, kata Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Situbondo, Reza Aditya kepada wartawan di Situbondo, Jumat (13/4).

Oknum kepala desa dan oknum guru tersebut, kata dia, disangkakan melanggar Pasal 2 dan Pasal 3 jonto Pasal 18 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan berkas dari penyidik, katanya, diperoleh bukti yang cukup untuk dilakukan penahanan terhadap kedua tersangka.

“Kejaksaan akan segera melimpahkan kasus dugaan korupsi penyelewengan TKD ini ke Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya, dan dua tersangka ditahan selama 20 hari,” ujarnya.

Reza menjelaskan, ada dugaan penyelewengan dalam proses lelang tanah kas desa di Desa Sumberejo, dan kerugian uang negara mencapai Rp100 juta.

“Beberapa pertimbangan kejaksaan melakukan penahanan, di antaranya dikhawatrikan melarikan diri, merusak dan menghilangkan barang bukti, serta mengulangi perbuatannya. Dan penetapan kedua tersangka berdasarkan fakta hukum,” ucapnya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.