Jaksa Telusuri Isi Brankas Auditor BPK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Jaksa penuntut umum (JPU) KPK menelusuri sumber uang yang ditemukan di dalam brankas auditor utama BPK Rochmadi Saptogiri.

Petugas saat operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada tanggal 26 Mei 2017 menemukan sejumlah uang tunai di dalam brankas di ruang kerja Rochmadi terdiri atas uang tunai Rp1.154.543.500,00 dan 3.000 dolar AS.

“Gaji Pak Rochmadi kira-kira Rp15 juta remunerasi kisaran Rp50 juta, kegiatan pengendalian besarnya Rp19 juta dan honor-honor kalau ada rapat yang jumlahnya kurang lebih saya tidak hafal,” kata Sri Rahayu Pantjaningrum, Bendahara Keuangan BPK, saat menjadi saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jumat (12/1).

Sri Rahayu bersaksi untuk auditor utama BPK Rochmadi Saptogiri yang didakwa menerima suap Rp240 juta terkait dengan audit laporan keuangan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), penerimaan gratifikasi sebesar Rp3,5 miliar serta tindak pidana pencucian uang aktif dan pasif, yaitu menerima mobil Odyssey dari Ali Sadli.

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) Sri Rahayu disebutkan bahwa gaji dan remunerasi Rochmadi adalah sebesar Rp690 juta pada tahun 2016, sedangkan total penghasilan pada bulan Januari s.d. Mei 2017 adalah Rp263 juta.

“Pada BAP Nomor 11, saudara mengatakan, ‘Untuk kegiatan operasional terkait dengan pemeriksan Rochmadi, sering tidak melakukan perjalanan keluar kota, tetapi uang tetap dibayarkan bila ada tugas Pak Rochmadi ke wilayah Jakarta’?” tanya JPU KPK Takdir Suhan.

“Jadi, meski ada surat tugas keluar kota tetapi karena ada 38 tim, tidak semuanya Pak Rochmadi keluar kota, jadi kalau tidak berangkat jadi tidak dicairkan, tetapi tim lain ada surat tugas DKI jadi dicairkan biaya operasional yang di DKI,” ungkap Sri.

Bila Rochmadi makan siang di kantor pun uang makannya yang termasuk dalam gaji tersebut utuh.

“Apakah pengacara Pak Rochmadi minta data keuangan terkait dengan uang Rp1,1 miliar di koper Pak Rochmadi?” tanya jaksa.

“Iya, namanya Pak Jonathan, minta tolong ‘tracing’ penghasilan Pak Rochmadi, saya katakan tidak bisa ‘tracing’ kalau tidak ada datanya. Akan tetapi, sehari atau 2 hari setelah itu dia mengatakan, ‘Sudah clear’,” jelas Sri.

Kedatangan pengacara Rochmadi itu terjadi di awal Juni 2017 setelah Rochmadi diamankan dalam OTT KPK. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

KUNTUM KHAIRA UMMATIN

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.