Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan operasi tangkap tangnan (OTT) di Kabupaten Sidoarjo pada Selasa (7/1) malam. Petugas KPK menangkap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan tiga orang lainnya.

“KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur,” kata Plt Jubir KPK Ali Fikri saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Selasa (7/1).

Saiful Ilah menjabat Bupati Sidoarjo untuk periode kedua, 2015-2020, setelah kembali memenangkan Pilkada pada 2015 berpasangan dengan Nur Achmad Syaifudin. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini diusung sendiri oleh partainya berhadapan dengan tiga kandidatnya lainnya, termasuk Hadi Sutjipto, yang sebelumnya mendampingi Saiful ilah sebagai Wakil Bupati periode 2010-2015.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada tanggal 31 Desember 2018, Saiful ilah memiliki kekayaan lebih dari Rp60 miliar.

Dari laporan LHKPN yang diunduh SERUJI pada Rabu (8/1) dari situs elhkpn.kpk.go.id terlihat Saiful terakhir melaporkan harta kekayaannya pada tanggal 30 Maret 2019 untuk periode 2018.

Dalam LHKPN tersebut, dilaporkan Saiful memiliki harta berupa tanah dan bangunan di 25 lokasi dengan nilai sebesar Rp32.832.540.100. Dari 25 lokasi tersebut, sebanyak 11 bidang tanah dan bangunan adalah merupakan warisan, sementara sisanya merupakan hasil usaha sendiri.

Saiful yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati 2005-2010 mendampingi Win Hendarso yang juga tersandung kasus korupsi, tercatat memiliki harta bergerak berupa alat transportasi dan mesin senilai total Rp570.000.000. Mobil termahal yang dimiliki saiful adalah Mercedes Benz Sedan tahun 1997 Rp150.000.000.

Saiful juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp1.444.500.000, Surat Berharga senilai Rp63.500.000 dan Kas dan Setara Kas berjumlah Rp25.554.510.409.

Dari seluruh harta tersebut, Saiful tercatat memiliki total harta senilai Rp60.465.050.509. Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.