Berantas Korupsi, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Libatkan Mahasiswa

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Kasus korupsi di Indonesia kian memprihatinkan, hal ini mendorong Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) mengajak mahasiswanya untuk melawan korupsi dengan membangun budaya anti korupsi di lingkungan masyarakat.

Rektor Unusa Prof. Dr. Ir Achmad Jazadie menjelaskan keterlibatan mahasiswa dalam upaya pemberantasan korupsi bukan dalam bentuk penindakan, namun dengan cara mengajak masyarakat membangun budaya anti korupsi.

“Mahasiswa diharapkan lebih berperan sebagai motor penggerak gerakan anti korupsi di masyarakat, namun terlebih perlu dibekali pengetahuan (anti korupsi) untuk mereka,” kata Jazadie, di Surabaya, Sabtu (5/5).

Jazadie mengungkapkan pembekalan yang telah diberikan pada mahasiswa UNUSA berupa kegiatan sosial, kampanye anti-korupsi, seminar dan pembekalan langsung dari KPK.

“Korupsi di Indonesia ini sangat mengkhawatirkan, karena akan berdampak pada kehidupan masyarakat, seperti sistem perekonomian yang buruk, demokrasi, politik, hukum, pemerintahan dan tatanan sosial kemasyarakatan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan bahwa pemberantasan korupsi yang sudah dilakukan selama ini masih belum optimal, dimana terjadi diberbagai tingkatan, bahkan seolah telah menjadi bagian kehidupan masyarakat.

“Sangking banyaknya kasus korupsi sehingga sudah dianggap sebagai hal biasa, namun jika kondisi ini dibiarkan, maka cepat atau lambat korupsi akan menghancurkan negeri ini, maka kita memerlukan upaya luar biasa untuk memberantasnya,” ujar Agus Rahardjo.

(Devan/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER