Hakim Vonis Empat Tahun Penerima Suap Raperda

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID – Ketua Majelis Hakim Sihar Hamonangan Purba akhirnya memvonis empat tahun penjara bagi penerima suap Raperda Penyertaan Modal Pemkot Banjarmasin kepada PDAM Bandarmasih, dengan terdakwa Iwan Rusmali dan Andi Effendi.

“Kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi, yakni menerima suap,” kata Sihar di Banjarmasin, Selasa (24/4).

Dalam putusannya yang dibacakan di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin, majelis hakim menjatuhkan hukuman kedua mantan pimpinan DPRD Kota Banjarmasin itu empat tahun pidana penjara dan denda Rp250 juta subsider 3 bulan kurungan.

Khusus untuk Andi Effendi juga diharuskan menyerahkan uang pengganti hasil korupsi sebesar Rp25 juta. Jika tak dipenuhi, maka harta benda mantan Ketua Pansus Raperda Penyertaan Modal Pemkot Banjarmasin kepada PDAM Bandarmasih itu akan disita oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Atas vonis tersebut, baik kedua terdakwa maupun tim JPU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sama-sama menyatakan pikir-pikir hingga diberi waktu tujuh hari ke depan untuk majelis hakim menyatakan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap alias inkrah.

Kepada wartawan, Andi mengaku legowo dengan putusan hakim. Meski dirasanya cukup berat.

“Insya Allah, mudah-mudahan ada hikmahnya bagi kami dan juga pembelajaran bagi warga Banjarmasin untuk tata kelola pemerintahan yang baik,” ucapnya.

Di sisi lain, Tim JPU KPK Ali Fikri menyatakan, putusan majelis hakim dinilainya cukup adil meski lebih rendah dari tuntutan, yakni pidana kurungan penjara selama 5 tahun dan denda Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER