Sepatu Rajut Produksi Bantul Tembus Pasar Kota Besar

BANTUL – Kecamatan Imogiri merupakan wilayah di Kabupaten Bantul yang memiliki karakteristik masyarakat beranekaragam, dilihat dari mata pencarian hidup, pendidikan maupun etnis. Sebagian besar masyarakatnya bekerja dibidang swasta dan jasa. Hanya sedikit yang pegawai negeri sipil.

Sebagai pusat perdagangan dan jasa, kecamatan yang sedang naik daun berkat banyaknya berbagai objek wisata alam ini kini mulai dilirik sebagai tempat untuk mengembangkan usaha. Kondisi itu dimanfaatkan warga sekitar membuat aneka kerajinan. Salah satunya kerajinan rajut.

Produk kerajinan rajut yang dihasilkan dari tangan-tangan terampil ibu-ibu rumah tangga di Padukuhan Nogosari I, Desa Wukirsasi, Kecamatan Imogiri, banyak diminati pembeli. Bukan baju ataupun slayer yang menjadi produk kerajian rajut di tempat ini. Tetapi, sepatu warna-warni dengan berbagai model dan jenis yang dibuat oleh ibu-ibu untuk mengisi waktu luang.

Aktivitas beberapa ibu-ibu ini memadukan antara seni merajut dengan sepatu karet untuk membuat sepatu rajut baik dari ukuran anak-anak hingga dewasa. Berbahan benang beraneka warna dianyam dengan jarum membentuk pola, kemudian rajutan tersebut dipasangkan ke sepatu dan selanjutnya dijahit kembali dengan jarum.

Mujiyati, salah satu perajin sepatu rajut di Wukirsari ini mengaku, mendapatkan keterampilan dalam merajut dari pengalaman bekerja di tempat pembuatan peci rajut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy