Huawei Masuki Pasar Notebook Tantang Lenovo dan Dell

BERLIN – Raksasa telekomunikasi China Huawei merencanakan ekspansi global ke komputer pribadi (PC) dan menjadi penantang baru bagi pemain PC mapan seperti Lenovo dan Dell, yang telah mengalami dua tahun yang sulit dengan volume penjualan yang menurun dan marjin yang kian menipis.

Dalam sebuah konferensi pers di Berlin, Selasa (23/5), perusahaan yang berbasis di Shenzhen ini memperkenalkan tiga model komputer pribadinya, termasuk notebook layar 15,6 inci, sebuah hibrida tablet dan notebook, dan notebook 13 inci dengan kemasan metalik.

Untuk awal, Huawei berencana menargetkan pasar konsumen premium, bersaing dengan Lenovo, HP dan Dell, yang bersama-sama menjual lebih dari 50 persen PC di seluruh dunia. Pada tingkat yang lebih rendah, ia juga akan melawan notebook Mac milik Apple yang bermain di papan atas (high-end), yang belakangan tengah menyusut.

Huawei Matebook X adalah notebook tanpa kipas dengan layar yang tahan terhadap cipratan air (splash-proof) dan tombol masuk menggunakan pemindai sidik jari, dijual dengan harga berkisar Rp 20 – 25 juta.


Matebook E, sebuah hibrida tablet-notebook akan dipasarkan di harga 15 jutaan rupiah sementara Matebook D dengan layar 15,6 inci dihargai 12 sampai 15 juta Rupiah.

Menurut perusahaan riset GartnerSecara, secara keseluruhan volume penjualan pasar PC turun 8,3 persen pada tahun 2015 dan turun lagi 3,7 persen pada tahun 2016, dan diperkirakan akan mengalami penuruan yang sama tahun ini.

“Dari perspektif Huawei, kami melihat adanya peluang di dalam penurunan pasar PC ini,” jelas Cheng Lei, manajer pemasaran senior untuk bisnis PC Huawei, dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Lei menekankan adanya penerapan dari manfaat disegi penghematan biaya, desain dan manufaktur dari bisnis ponsel cerdas (smartphone) mereka.

Huawei, salah satu produsen peralatan telekomunikasi nirkabel dan fixed-line terkemuka dunia, dua tahun lalu muncul sebagai produsen smartphone nomor 3 di dunia di bawah Samsung dan Apple, menggantikan Lenovo, yang juga fokus pada bisnis komputernya.

Lei menjelaskan bahwa PC baru keluaran Huawei semuanya akan menggunakan mikroprosesor Intel generasi ketujuh, perangkat lunak (software) Microsoft Windows 10 dan perangkat lunak produksi sendiri (in-house) yang dikembangkan khusus untuk mengotomatisasi transfer data antara smartphone dan notebook Huawei.

Namun, untuk dapat mencoba perangkat notebook Huawei ini, konsumen di Indonesia harus sabar menunggu. Huawei mengatakan bahwa pihaknya menargetkan peluncuran produk PC baru mereka ini hanya di 12 negara di Eropa, Amerika Utara, dan Asia (Jepang, China, dan Arab Saudi) pada awal Juni.

 

Penerjemah: M. Gauzal
EDITOR: Harun S

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Sandiaga: Layanan Kesehatan Bagi Warga Miskin Jakarta Masih Belum Layak

"Saya sangat prihatin melihat masih banyaknya masyarakat kurang mampu di Jakarta, yang masih belum terpenuhi pelayanan kesehatan yang layak," kata Sandiaga

Terekam Video, Polisi China Borgol dan Tutup Mata Ratusan Muslim Uighur

Ratusan pria muslim dari etnis Uighur terekam sebuah video sedang diborgol dan ditutup matanya sambil diawasi sekelompok polisi China. Diduga para pria tersebut akan digiring ke suatu lokasi yang kemungkinan adalah kamp-kamp penahanan.

Tren Pemasangan Iklan Jual Ruko di Lamudi Meningkat

Dari data jumlah iklan ruko yang dipasang di portal properti Lamudi.co.id menyebutkan, pada tahun 2017 ada 3.801 iklan, kemudian tahun 2018 ada 3.926 iklan, lalu tahun 2019 meningkat tajam menjadi 5.557 iklan ruko yang dipasang.

KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Suap KONI

"KPK telah tiga kali yakni pada 31 Juli, 2 Agustus, dan 21 Agustus 2019 mengirimkan panggilan untuk meminta keterangan, tapi IMR tidak pernah datang. KPK sudah memberikan ruang yang cukup bagi IMR untuk memberi keterangan dan klarifikasi pada tahap penyelidikan," ujar Marwata.

Bejat, Oknum Guru Meniduri Muridnya Ratusan Kali Bermodal Janji Menikahi

Aksi bejat yang berlangsung sejak tahun 2014 saat Lan masih berusia 14 tahun itu, dilakukan dengan jurus rayuan telah jatuh cinta pada Lan dan berjanji akan menikahi jika Lan telah berusia 18 tahun.

DPR Terima Surat KPK Soal Firli, Gerindra: Aneh Komisioner Lakukan Serangan di Detik-Detik Akhir

"Ini ada ketakutan yang luar biasa terhadap Firli. Penolakan luar biasa kepada Firli kan aneh nah ini lah intinya dalam fit and proper test ke depan kita akan pertanyakan hal-hal yang seperti itu," ungkap Desmond.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi