close

Huawei Masuki Pasar Notebook Tantang Lenovo dan Dell

BERLIN – Raksasa telekomunikasi China Huawei merencanakan ekspansi global ke komputer pribadi (PC) dan menjadi penantang baru bagi pemain PC mapan seperti Lenovo dan Dell, yang telah mengalami dua tahun yang sulit dengan volume penjualan yang menurun dan marjin yang kian menipis.

Dalam sebuah konferensi pers di Berlin, Selasa (23/5), perusahaan yang berbasis di Shenzhen ini memperkenalkan tiga model komputer pribadinya, termasuk notebook layar 15,6 inci, sebuah hibrida tablet dan notebook, dan notebook 13 inci dengan kemasan metalik.

Untuk awal, Huawei berencana menargetkan pasar konsumen premium, bersaing dengan Lenovo, HP dan Dell, yang bersama-sama menjual lebih dari 50 persen PC di seluruh dunia. Pada tingkat yang lebih rendah, ia juga akan melawan notebook Mac milik Apple yang bermain di papan atas (high-end), yang belakangan tengah menyusut.

Huawei Matebook X adalah notebook tanpa kipas dengan layar yang tahan terhadap cipratan air (splash-proof) dan tombol masuk menggunakan pemindai sidik jari, dijual dengan harga berkisar Rp 20 – 25 juta.


Matebook E, sebuah hibrida tablet-notebook akan dipasarkan di harga 15 jutaan rupiah sementara Matebook D dengan layar 15,6 inci dihargai 12 sampai 15 juta Rupiah.

Menurut perusahaan riset GartnerSecara, secara keseluruhan volume penjualan pasar PC turun 8,3 persen pada tahun 2015 dan turun lagi 3,7 persen pada tahun 2016, dan diperkirakan akan mengalami penuruan yang sama tahun ini.

“Dari perspektif Huawei, kami melihat adanya peluang di dalam penurunan pasar PC ini,” jelas Cheng Lei, manajer pemasaran senior untuk bisnis PC Huawei, dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Lei menekankan adanya penerapan dari manfaat disegi penghematan biaya, desain dan manufaktur dari bisnis ponsel cerdas (smartphone) mereka.

Huawei, salah satu produsen peralatan telekomunikasi nirkabel dan fixed-line terkemuka dunia, dua tahun lalu muncul sebagai produsen smartphone nomor 3 di dunia di bawah Samsung dan Apple, menggantikan Lenovo, yang juga fokus pada bisnis komputernya.

Lei menjelaskan bahwa PC baru keluaran Huawei semuanya akan menggunakan mikroprosesor Intel generasi ketujuh, perangkat lunak (software) Microsoft Windows 10 dan perangkat lunak produksi sendiri (in-house) yang dikembangkan khusus untuk mengotomatisasi transfer data antara smartphone dan notebook Huawei.

Namun, untuk dapat mencoba perangkat notebook Huawei ini, konsumen di Indonesia harus sabar menunggu. Huawei mengatakan bahwa pihaknya menargetkan peluncuran produk PC baru mereka ini hanya di 12 negara di Eropa, Amerika Utara, dan Asia (Jepang, China, dan Arab Saudi) pada awal Juni.

 

Penerjemah: M. Gauzal
EDITOR: Harun S

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER