Tips Merawat Power Bank
powerbank (ilustrasi).

SERUJI.CO.ID – Jika Anda pengguna smartphone, bisa jadi Anda bersahabat dengan power bank. Keberadaan power bank memang sangat penting, terlebih lagi bila Anda adalah seorang yang mobile, suka bepergian.

Penggunaan power bank, dapat membantu Anda untuk menambah daya smartphone dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Karena pentingnya power bank tersebut dan harganya yang boleh dikatakan tidak murah, maka menjaga powerbank agar tidak cepat rusak menjadi sangat penting.

Bagaimanakah cara merawat power bank yang baik agar dapat tahan lama?

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan power bank dengan baik dan benar;

Pertama yang perlu diingat adalah power bank merupakan alat yang berisi Battery charger, sama dengan yang ada di gadget, smartphone anda. Oleh karena itu cara penggunaan, perlakuan dan perawatannya akan sama dengan cara anda merawat battery di gadget anda.

Kedua yang perlu diperhatikan adalah Kapasitas Power bank, terutama saat anda ingin membeli power bank. Power bank yang baik dan dapat berfungsi maksimal kapasitasnya haruslah lebih besar dari kapasitas battery gadget yang akan di isi ulang. Sangat disarankan minimal 2x dari battery gadget anda.

Ketiga dan ini yang sangat penting dan selalu dilupakan oleh pemilik gadget, power bank, maupun semua alat yang menggunakan Battery yang dapat di isi ulang. Bahwa teknologi battery terkini memang tidak lagi perlu menunggu battery habis baru di isi ulang. Hal ini yang sering membuat banyak orang mengisi ulang batterynya walau masih tersisa 1/4 bahkan separo nya. Walau hal ini tidak dilarang, namun ini adalah salah satu penyebab “usia” battery (otomatis usia powerbank) akan berkurang dengan cepat. Kenapa? karena semua battery isi ulang memiliki apa yang dinamakan “life cycle”, yaitu suatu siklus antara battery di isi ulang kembali dari isi ulang sebelumnya. Rata rata battery isi ulang memiliki cycles sebanyak 500x.

Setelah memperhatikan hal diatas, berikut cara merawat battery powerbank agar bertahan lama, bisa juga diaplikasikan untuk merawat battery gadget/smartphone anda;

1. Isilah power bank hanya jika mendakati habis dan lakukan sampai penuh

Pengisian power bank haruslah sampai penuh sebelum digunakan. Mengapa? Agar dalam mentransfer energi ke smartphone Anda bisa optimal. Pengisian Powerbank sampai penuh juga untuk memaksimalkan Cycles dari battery. Demikian juga isilah powerbank saat akan habis, jangan isi pada saat masih bersisa 1/4 atau lebih.

2. Pengisian Gadget lakukan saat battery gadget mendekati habis

Selalu gunakan powerbank saat battery gadget anda mendekati habis, jangan mengisi battery gadget anda saat batterya masih ada daya cukup apalagi masih ada seperempat atau separo nya. Isilah saat sudah muncul peringatan pengisian di gadget anda. Selain akan memaksimalkan pengisian dari powerbank juga akan membuat battery gadget anda awet.

3. Gunakanlah powerbank saat darurat saja

Ya, memang fungsi powerbank adalah untuk kondisi darurat. Dimana saat battery gadget habis, anda tidak menemukan outlet listrik untuk mengisi ulang. Saat seperti itulah powerbank digunakan. Jangan terlalu sering menggunakan powerbank saat tersedia listrik di dekat anda, karena ini akan mempercepat habis usia pakai powerbank, juga menurunkan kualitas battery gadget anda akibat tergantung dengan pengisian melalui powerbank.

4. Hindari pemakaian senter atau fungsi tambahan

Biasanya, ada beberapa power bank yang dilengkapi dengan sistem penerang atau senter atau fungsi lainnya. Sebaiknya, hal ini ditinggalkan karena dapat mengurangi banyak daya pada power bank anda yang mengakibatkan anda akan sering mengisi ulang power bank (cycles berkurang)

5. Utamakan memakai kabel charger dan adaptor/charger bawaan Gadget untuk isi ulang Powerbank

Pada dasarnya powerbank fungsi utamanya adalah alat untuk menggantikan supply listrik sementara. Produksi powerbank lebih difokuskan pada fungsi tersebut. Sehingga kabel, connector, dan adaptor bawaan Powerbank tidaklah menjadi barang bawaan standar powerbank yang berasal dari pabrik yang sama, yang terjaga kualitasnya. Oleh karena itu sangat disarankan memakai kabel bawaan Gadget anda untuk menghubungkan powerbank dengan Gadget. Demikian juga penggunaan adaptor/caherger, sebaiknya gunakan Adaptor bawaan Gadget anda. Ini akan membuat kualitas pengisian powerbanbk tetap terjaga juga waktu mengisi ulang ke gadget juga sempurna karena kabel bawaan gadget yang berkualitas.

6. jangan sampai jatuh

Power bank didesain sebagai perangkat yang tidak tahan pada bantingan. Sehingga apabila power bank jatuh, biasanya akan secara langsung rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

7. Hindari suhu ekstrim

Penyimpanan power bank juga harus diperhatikan. Tidak boleh diletakkan pada tempat yang terlalu panas, juga terlalu dingin. Hal ini tentu saja dapat merusak komponen baterai.

Itulah 7 tips yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan power bank Anda awet tahan lama.

(Iwan S)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bersama Gerindra dan PKS, Nasdem Dukung Angket Pj Gubernur Jabar Yang Digulirkan Demokrat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai NasDem mendukung digulirkan Hak Angket untuk menyelidiki kebijakan pemerintah yang mengangkat Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...
loading...