Foto. zoyajeans.com

Banyak orang yang mengira bahwa denim itu adalah jeans. Padahal kalau kita mengetahui sejarahnya, antara jeans dan denim adalah berbeda. Jeans adalah celana jadi berbahan denim. Sebutan Jeans mulai terkenal sejak LEVIS, sebuah perusahaan celana yang membuat jenis celana berbahan denim yang kemudian dinamakan Jeans. Jeans pertama kali di ciptakan oleh Jacob Davis dan Levi Straus tahun 1873. Celana ini awalnya du desain untuk para pekerja kasar di tambang. Kantung kecil di sebelah kanan atas celana digunakan untuk menyimpan bahan hasil tambang.

Sedangkan, denim adalah bahan pembuatan celana Jeans. Denim tercipta di sebuah kota di Perancis, yaitu Nimes. Awalnya bahan ini disebut ‘Serge de Nimes’ kemudian di singkat menjadi de Nime atau lebih populer di sebut Denim. Denim merupakan material kain kokoh yang terbuat dari kain katun twill. Ada juga yang menyebutkan kain denim ini terbuat dari wool serta terdapat juga denim dengan bahan dasar sutra yang dicampur wool.

Di awal abad ke 17, denim juga eksis di Inggris. Namun banyak yang menanyakan, apakah denim Inggris merupakan hasil impor dari Perancis? Dan setelah di teliti ternyata di Inggris memiliki pabrik kain denim sendiri. Setelah itu makin terkenalah kain denim di kalangan para penggemar fashion di Eropa. Nama denim mulai merambat ke daratan Amerika sehingga bahan denim digunakan untuk pembuatan celana Koboy.

Bagian-bagian Jeans:

  1. Rivets. Yaitu komponen kecil yang biasanya menempel di persimpangan jahitan celana Jeans. Awal ditambahkannya rivets pada Jeans agar jahitan celana tidak mudah lepas, karena dahulu pekerja tambang sering mengeluh jahitan Jeans sering terlepas.
  2. Jahitan Rantai / Chainstitch. Jahitan celana Jeans ada dua macam, yaitu jahitan biasa dan jahitan rantai (chainstitch). Perbedaannya terletak pada struktur jahitan rantai yang lebih kuat daripada jahitan biasa.
  3. Ada beberapa macam jeans, yakni Raw Denim /Dry Denim, Washed Denim dan Prewashed Denim serta yang terakhir adalah Selvedge.

Sedangkan Spesifikasi Denim:

  1. Twill. Yakni alur dari kain denim. Twill terbagi menjadi 2 macam, yaitu Right Twill (sebelah kanan) dan Left Twill (sebelah kiri).
  2. Oz. Yakni ukuran ketebalan Jeans. Semakin kecil Oz Jeans maka semakin lemas, sebaliknya semakin besar Oz Jeans maka semakin kaku kainnya.

Nah, sekarang anda memahami kan apa perbedaan dua item tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR: Pemerintah Awasi Peredaran Uang Jelang Pilkada

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah terus mengawasi peredaran uang menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan lebaran, karena dikhawatirkan...
tewas

Wakapolres Labuhanbatu Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal Dunia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Upaya pencarian Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra di perairan Sei Berombang, Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, membuahkan hasil. Namun tim gabungan...
narkoba

Polisi Langkat Ringkus Pembawa 20 Kilogram Ganja

LANGKAT, SERUJI.CO.ID - Aparat polisi Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meringkus tersangka pembawa 20 kilogram ganja dari Aceh dengan tujuan hendak dipasarkan di Kota...
narkoba

Polisi Langkat Ringkus Pelaku Pembawa Bungkusan Berisi Sabu-Sabu

LANGKAT, SERUJI.CO.ID - Aparat satuan Kepolisian Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meringkus dan mengamankan tersangka yang kedapatan membawa satu bungkusan besar sabu-sabu dari dalam bus...

BI Nilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik. "Domestik baik, didukung investasi dalam...
loading...