Keunikan Benteng Pendem Cilacap


Cilacap – Jika mendengar nama Cilacap yang teringat pasti Pulau Nusa Kambangan sebagai tempat penahanan narapidana kelas “kakap”. Namun ternyata ada tempat yang juga bisa dikunjungi selain pulau Nusa Kambangan yaitu benteng peninggalan Belanda.

Benteng ini berdiri dipinggir pantai dan menghadap kelaut lepas. Tidak seperti benteng-benteng yang lazimnya dibangun menjulang tinggi agar pos pengawas dapat mengawasi daerah yang luas, benteng ini tidak demikian, justru dibangun rendah bahkan nyaris tidak terlihat akibat daratannya yang berbukit-bukti.

Benteng dibangun memanfaatkan bukit yang ada sebagai dinding stall-stall. Seperti Ruang Kantor, Ruang Akomodasi, Ruang Senjata, Ruang Dapur, Ruang Penjara, Ruang Rumah Sakit dan Ruang Tidur Pasukan, semua bagian belakang ruangan adalah dinding bukit. Mungkin hal ini yang menyebabkan benteng ini diberi nama Benteng Pendem.

Dengan luas lebih kurang 4 hektar, benteng ini sekarang menjadi komplek wisata sejarah kelam masa penjajahan dahulu. Menurut penduduk setempat yang membuka usaha sepeda bebek dikanal sekeliling benteng, desas-desusnya ada akses terowongan yang tembus ke Pulau Nusa Kambangan.

Untuk mengunjungi objek sejarah ini, tidak bisa melebihi pukul 18:00 WIB karena area objek wisata berada dikawasan milik Pertamina yang merupakan objek vital dengan pengamanan tinggi. Akses jalan menuju area ditutup menjelang petang hari disaat Matahari menuju peraduan.

Editor : Harun S

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close